Senin, 04 Oktober 2021 15:42

Lars Vilks, Seniman Penggambar Kartun Nabi Muhammad Tewas Kecelakaan Mobil

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lars Vilks. (Foto: EPA)
Lars Vilks. (Foto: EPA)

Lars Vilks awalnya tidak dikenal di luar Swedia. Setelah ia menggambar kepala Nabi Muhammad di atas tubuh seekor anjing, dunia gempar dan mulai mengenalnya.

RAKYATKU.COM - Lars Vilks, seniman asal Swedia, penggambar karikatur Nabi Muhammad saw, dilaporkan meninggal dunia karena kecelakaan mobil, Minggu (3/10/2021).

Media lokal Swedia, Dagens Nyheter, melaporkan kekasih Vilks mengonfirmasi kematiannya.

Kantor berita lokal, TT, melaporkan polisi mengonfirmasi Vilks tewas dalam tabrakan antara satu truk dan mobil polisi di dekat Markryd. Saat itu, Vilks sedang berkendara dengan polisi yang menjaganya.

Baca Juga : Perdana Menteri Swedia Kecam Pembakaran Alquran di Stockholm

Akibat insiden itu, sopir truk dilarikan ke rumah sakit. Sementara itu, penyebab tabrakan masih diselidiki.

"Dengan sangat cemas dan sedih saya menerima kabar bahwa dua rekan kami dan petugas keamanan kami meninggal sore ini," ujar Kepala Polisi Nasional Swedia, Andres Thonrber, seperti dikutip Associated Press.

Kepala unit investigasi regional yang bertanggung jawab atas perlindungan individu di wilayah itu, Stefan Sinteus, mengatakan kecelakaan ini merupakan peristiwa yang sangat tragis.

Baca Juga : Putin Persilahkan Finlandia dan Swedia Gabung NATO, Tapi Ingatkan Hal Ini!

"Sekarang yang penting kami melakukan semua yang kami bisa untuk mencari tahu apa yang terjadi di lokasi dan apa yang menyebabkan tabrakan," ujarnya.

Vilks awalnya tidak dikenal di luar Swedia. Setelah ia menggambar kepala Nabi Muhammad di atas tubuh seekor anjing, dunia gempar dan mulai mengenalnya.

Pada September 2007, Al Qaeda memburu Vilks. Mereka menawarkan imbalan USD100 ribu atau sekitar Rp1,4 miliar bagi orang yang memberi tahu keberadaan Vilks.

#Lars Vilks #Swedia