Jumat, 01 Oktober 2021 09:43

46,6 Persen Masyarakat Indonesia Percaya PKI Bangkit

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Di kalangan mereka yang percaya bahwa memang ada isu kebangkitan PKI terdapat 10 alasan yang disampaikan. Paling banyak didominasi mereka yang curiga akan banyaknya Tenaga Kerja Asing (TKA) Tiongkok di Indonesia dengan persentase 12,3 persen.

RAKYATKU.COM - Media Survei Nasional (Median) menyatakan 46,4 persen responden survei warga Indonesia percaya akan isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Indonesia.

Peneliti Median, Rico Marbun, merinci sebanyak 28,5 persen warga mengatakan percaya; 17,9 persen di antaranya sangat percaya. Kemudian 31,5 persen tidak percaya; 13,5 persen sangat tidak percaya; dan 8,6 persen lainnya tidak tahu atau tidak menjawab.

"Jumlah yang percaya terhadap isu kebangkitan komunis di Indonesia itu cukup besar, yaitu berkisar antara 46,4 persen," kata Rico dalam kegiatan virtual, Kamis (30/9/2021).

Di kalangan mereka yang percaya bahwa memang ada isu kebangkitan PKI terdapat 10 alasan yang disampaikan. Paling banyak didominasi mereka yang curiga akan banyaknya Tenaga Kerja Asing (TKA) Tiongkok di Indonesia dengan persentase 12,3 persen.

Lalu, 12 persen lainnya percaya isu kebangkitan komunisme di Indonesia lantaran banyak ulama yang ditangkap.

Kemudian, 11,8 publik lainnya beralasan Indonesia saat ini tergantung vaksin dari Tiongkok; 9,4 persen karena Tiongkok ingin mencaplok kawasan perairan Natuna; 9 persen publik lainnya beranggapan Tiongkok menguasai perekonomian Indonesia.

Selanjutnya, setidaknya 6,6 persen responden beralasan karena sejarah tentang komunis baik melalui buku pelajaran atau film terkesan dikaburkan atau tidak jelas. Lalu, 5,4 persen publik beralasan banyak serangan yang ditujukan ke penceramah akhir-akhir ini.

Lalu, setidaknya 4,6 persen responden menilai isu kebangkitan PKI bisa terjadi lantaran ada upaya mengganti Pancasila menjadi trisila. Dan 4,5 persen lainnya beranggapan konflik laut Tiongkok selatan dapat menyulut kebangkitan komunisme di tanah air, dan terakhir 1,3 persen lainnya percaya komunisme tidak akan pernah mati.

"Jadi kalau kita lihat sebenarnya dari alasan-alasan kenapa publik percaya akan kebangkitan komunisme kita bisa lihat dua faktor. Pertama faktor dalam negeri, dan kedua faktor luar negeri," jelas Rico.

Sementara alasan bagi 45 persen warga yang tidak percaya akan isu kebangkitan komunisme di Indonesia, paling banyak yakni 18 persen dari mereka percaya PKI dan komunisme sudah dilarang di Indonesia.

Kemudian 14,5 persen menganggap PKI sudah tidak ada; 10 persen beralasan tidak percaya kebangkitan PKI lantaran sudah menjadi sejarah; 8,5 persen percaya Indonesia masih punya Pancasila; dan 6,6 persen menganggap isu komunis kepentingan politik.

Lalu, 5,7 persen responden yang tidak percaya akan kebangkitan komunisme di Tanah Air menganggap isu tersebut hanyalah siasat adu domba. 4,4 persen lainnya percaya agama di Indonesia dilindungi, dan 3 persen sisanya menganggap isu kebangkitan PKI adalah hoaks atau kabar burung semata.

Survei Median ini dilakukan pada 19--26 Agustus 2021 dengan melibatkan 1.000 responden berusia 17 ke atas yang terpilih secara random dengan teknik Multistage Random Sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan jenis kelamin.

Kemudian, margin of error diperkirakan sekitar minus 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Median menanyakan publik melalui face to face interview.

Sumber: CNN Indonesia

#PKI #Median #Media Survei Indonesia