Selasa, 28 September 2021 21:17

Positivity Rate Sulsel 1,10 Persen, Plt Gubernur: Tetap Waspada, COVID-19 Masih di Sekitar Kita

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

"Tetap waspada, kita tahu virus corona masih di sekitar kita. Tetap jaga protokol kesehatan, jaga iman dan imun," pesan Andi Sudirman Sulaiman, Plt Gubernur Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penanganan COVID-19 di Sulsel menunjukkan tren positif. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel mencatat angka positivity rate harian COVID-19 kembali turun selama sepekan terakhir.

Pada Senin (27/9/2021), angka positivity rate harian COVID-19 di Sulsel berada pada angka 1,10 persen. Angka ini semakin turun jauh di bawah standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 5 perseb. Pada Minggu (26/9/2021) kemarin, angka positivity rate 1,53 persen.

Dari jumlah orang yang diperiksa (testing) sebanyak 6.748 orang, dengan angka positivity rate 1,10 persen. Jumlah kasus aktif pun makin berkurang, sebanyak 30 orang, sehingga total kasus aktif (pasien positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan di rumah sakit atau sedang isolasi mandiri) tinggal menjadi 1.907 orang atau 1,76 persen. Dengan total terkonfirmasi positif sebanyak 108.406.

Baca Juga : PKK Sulsel Gelar Ramadan Festive 2024

Sementara untuk angka kesembuhan, bertambah 85 orang sehingga total yang sembuh menjadi 104.298 orang atau 96,21 persen. Angka itupun melebihi rata-rata nasional yang berada pada angka 95,7 persen.

Untuk kasus meninggal dunia tanggal 27 September sebanyak 3 orang sehingga total kematian akibat COVID-19 menjadi 2.201 orang atau 2,03 persen. Angka itu pun dibawah nasional yang berada pada 3,3 persen.

Positivity rate merupakan perbandingan antara jumlah kasus positif COVID-19 dengan jumlah tes yang dilakukan. Hal ini menunjukkan positivity rate di Sulsel telah kurang dari standar WHO dibawah 5 persen, yaitu, 1,10 persen. Hal itupun menunjukkan bahwa penularan COVID-19 di Sulsel mulai terkendali.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

Capaian itupun atas upaya saling bahu-membahu Satgas COVID-19 bersama para unsur Forkopimda di Sulsel untuk penanganan pandemi. Terlebih beberapa program yang dicanangkan oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, dalam upaya menekan penyebaran COVID-19.

Di antaranya upaya kebut vaksinasi dengan menghadirkan Mobile Vaccinator, menyiapkan fasilitas isolasi terintegrasi (FIT), hingga menyediakan fasilitas kesehatan seperti HFNC, yakni berupa alat untuk membantu pernapasan oksigen aliran tinggi.

Untuk data cakupan vaksinasi COVID-19 di Sulsel hingga 27 September 2021, capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 2.293.320 orang. Untuk vaksinasi dosis kedua telah mencapai 1.303.992.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

"Alhamdulillah, COVID-19 mulai melandai. Angka positivity rate juga semakin menurun, dan sudah kurang dari 5 persen. Namun, kita terus melakukan upaya untuk kebut vaksinasi guna membangun herd immunity (kekebalan kelompok) di masyarakat," kata Andi Sudirman, Selasa (28/9/2021).

Andi Sudirman mengingatkan semua pihak untuk tidak lengah dengan tren penurunan tersebut. Ia mengimbau masyarakat, untuk tidak boleh lengah dan senantiasa disiplin akan pentingnya protokol kesehatan.

"Tetap waspada, kita tahu virus corona masih di sekitar kita. Tetap jaga protokol kesehatan, jaga iman dan imun," pesannya.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel #Plt Gubernur Sulsel