Senin, 27 September 2021 16:44

Gowa Terima Anugerah Parahita Ekapraya 2020 Kategori Madya

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gowa Terima Anugerah Parahita Ekapraya 2020 Kategori Madya

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 ini berasal dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia.

GOWA -- Kabupaten Gowa berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia.

Penganugerahan APE tersebut diberikan kepada pemerintah daerah atau lembaga lainnya yang memiliki komitmen besar dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender atau PUG. Sehingga pihak-pihak yang dinilai berhasil dalam mencapai dan menunjukkan komitmennya dalam pencapaian kesetaraan gender ini dianggap perlu diberikan apresiasi.

Dalam penerimaan APE 2020 ini, Kabupaten Gowa berhasil menerima Kategori Madya atau pengembangan. Dimana dalam kategori penerima APE ini terdapat empat kategori yakni tingkat pratama (pemula), madya (pengembangan), utama (peletakan dasar dan keberlanjutan) dan mentor.

Baca Juga : Bupati Gowa Apresiasi Layanan Intermezo Pengadilan Agama Sungguminasa

"Penghargaan yang diraih ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kabupaten Gowa. Kita berharap ini bisa ditingkatkan kedepannya," kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (27/9).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham.

 

Sementara itu, Kepala Dinas PPPA Kabupaten Gowa Kawaidah Alham menjelaskan, penghargaan diberikan Kementerian PPPA RI kepada Kabupaten Gowa ini didapatkan setelah dilakukan evaluasi dari pengarusutamaan gender.

Baca Juga : Tingkat Kekebalan Tubuh Masyarakat Gowa akan Diteliti

Kawaidah menyebutkan dalam evaluasi ini ada tujuh komponen yang harus dipenuhi yaitu, komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, analisis gender, data gender dan partisipasi dari masyarakat yang ada di Kabupaten Gowa.

Sponsored by MGID

"Alhamdulillah komponen ini semua di sudah terpenuhi dan sudah terlaksana. Terbukti karena Kabupaten Gowa adalah kabupaten inklusi dan semua anggaran responsif gender dan tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan," ujarnya.

Selain itu, upaya lainnya yang dilakukan pemerintah dalam mendorong keadilan gender yaitu dengan memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2009 tentang pengarusutamaan gender. Ia pun menyampaikan terima kasih atas dukungan dan arahan Bupati Gowa, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Pj Sekda Gowa, Kamsinah dan Pimpinan SKPD terkait.

Baca Juga : Perkenalkan Denassa, Warga Gowa yang Raih Kalpataru

"Untuk penghargaan tahun ini kita langsung mendapatkan Kategori Madya diatasnya Pratama. Kita berharap mudah-mudah kedepan kita lebih baik lagi," harapnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Gowa, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Pj Sekda Gowa, Kamsina, serta disaksikan Para Pimpinan SKPD dan Camat Se-Kabupaten Gowa.

Sponsored by advertnative
 
#Pemkab Gowa