Senin, 27 September 2021 16:31

Kepala Desa Terpilih di Luwu Utara Diminta Perkaya Literasi dan Daya Baca

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Indah Putri Indriani
Indah Putri Indriani

103 Kepala Desa (Kades) Terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 mengikuti kegiatan Orientasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa.

LUWU UTARA -- Sebanyak 103 Kepala Desa (Kades) Terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 mengikuti kegiatan Orientasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa, Senin (27/9/2021), di Aula Hotel Bukit Indah, Masamba. Kegiatan ini dibagi dua angkatan, masing-masing angkatan pertama 52 orang dan angkatan kedua 51 orang.

Bupati Indah Putri Indriani membuka kegiatan ini. Indah mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari komitmen pemerintah untuk memberikan penguatan, baik personal maupun kelembagaan.

“Pemerintahan di desa terus mengalami perubahan, regulasi juga setiap saat berubah. Olehnya itu, penting untuk memperkaya literasi dan meningkatkan daya baca kita,” kata Indah.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Sebut Potensi Kelapa Sawit Cukup Besar

Tugas yang tak kalah pentingnya, kata dia, adalah meningkatkan indeks desa membangun (IDM) di semua desa. “Saya berharap IDM kita terus mengalami perbaikan dari tahun ke tahun. Nah, melalui pelatihan ini, tata kelola pemerintahan kita tentunya akan semakin kuat. Selamat bekerja, tapi kerjanya harus terarah,” tandas Bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Sementara Kepala Dinas PMD, Misbah, menyebutkan, tujuan kegiatan adalah meningkatkan kapasitas aparat desa menuju pemberdayaan masyarakat dalam rangka partisipasi pembangunan desa berdasarkan undang-undang yang diatur dengan tujuan meningkatkan kapasitas pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintah desa dan pelayanan publik.

 

Tujuan lainnya, lanjut Misbah, menciptakan aparatur desa yang andal, terpercaya, profesional, dan mampu mendorong Kepala Desa melahirkan ide-ide yang inovatif, sehingga lahir satu desa satu inovasi.

Baca Juga : Raih Opini WTP LKPD 2020, Pemda Luwu Utara Terima Penghargaan dari Menkeu

“Diharapkan aparatur desa untuk mengambil tugas dan fungsinya di desa masing-masing, utamanya dalam melahirkan inovasi di tingkat desa,” jelas Misbah.

Sponsored by advertnative
 
#pemkab luwu utara