Minggu, 26 September 2021 11:01

Prodi PGSD dan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UIM Gelar Lokakarya MBKM

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Prodi PGSD dan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UIM Gelar Lokakarya MBKM

Majdah menyampaikan bahwa kegiatan MBKM di UIM sudah dilaksanakan baik program internal UIM maupun program MBKM Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR -- Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Makassar (UIM) menyelenggarakan lokakarya desain pengembangan kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Kegiatan tersebut digelar di hotel Arthama Makassar, Jalan Haji Bau, Kota Makassar, Sabtu (25/9/2021). Kegiatan lokakarya ini bertujuan untuk menghasilkan desain kurikulum MBKM.

Rektor Universitas Islam Makassar, Dr Ir Hj Majdah M Zain, sangat mengapresiasi kegiatan lokakarya yang dilakukan PGSD dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UIM yang telah melaksanakan lokakarya MBKM.

Baca Juga : 48 Mahasiswa KKN-T FKIP UIM Siap Jadi Agen Enterpreneur Masyarakat

"Dengan adanya kegiatan lokakarya ini diharapkan terwujud model kurikulum MBKM yang sesuai dengan tujuan program MBKM yang disediakan," kata Majdah.

Majdah menyampaikan bahwa kegiatan MBKM di UIM sudah dilaksanakan baik program internal UIM maupun program MBKM Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dekan FKIP UIM Badruddin Kaddas mengatakan bahwa dengan adanya lokakarya ini diharapkan menciptakan model kurikulum yang adaptif dan dapat memberikan kontribusi kepada alumni nantinya.

Baca Juga : Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Sulsel Jalin Kerjasama dengan FKIP UIM

"Alhamdulillah tahun ini semua program studi FKIP sudah mengembangkan desain MBKM, dan sudah ada prodi yang melaksanakan secara mandiri," ujar Badruddin.

Ketua Tim MBKM Prodi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Supriadi mengatakan bahwa proses seleksi proposal hibah MBKM yang dilakukan Dikti cukup ketat sehingga prodi yang lolos memiliki kualitas proposal yang berkualitas.

"Tidak semua program studi dapat mengusulkan Hibah, hanya program studi yang terakreditasi B yang memeroleh pendanaan dari kementerian, alhamdulillah atas kerja dan kekompakan teman-teman diprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mendapat hibah," ucap Supriadi.

Baca Juga : FKIP UIM Teken Kerjasama dengan MAN 3 Makassar Untuk Perkuat Kolaborasi Sekolah Unggulan di Sulsel

Sementara Ketua tim MBKM PGSD Erwin Nurdiansyah yang juga penerima hibah MBKM mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan PGSD memiliki dokumen desain MBKM secara lengkap.

"Di PGSD kami akan mengembangkan, asistensi mengajar, pertukaran mahasiswa, dan program magang," jelas Erwin.

Wakil Rektor I UIM, Prof Arfin Hamid yang hadir sebagai pemateri menekankan pentingnya program studi merumuskan kurikulum yang sesuai dengan desain kurikulum MBKM.

Baca Juga : FKIP UIM Gelar Ramah Tamah dan Pelepasan 54 Orang Lulusan

"Desain yang dikembangkan berdasarkan dengan pedoman pengembangan kurikulum MBKM," tutur Prof Arfin.

Penulis : Usman Pala
#FKIP UIM