Sabtu, 25 September 2021 23:59

Cegah Kerumunan Antrean, Rutan Makassar Vaksinasi dengan Sistem Jemput Bola

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Cegah Kerumunan Antrean, Rutan Makassar Vaksinasi dengan Sistem Jemput Bola

Diinisiasi anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham vaksinasi di Rutan Makassar menyiapkan 1.300 dosis vaksin.

RAKYATKU.COM - Rutan Kelas I Makassar kembali menggelar vaksinasi Covid-19 bagi warga binaan. Vaksinasi kali ini berbeda dengan sebelumnya karena dilakukan dengan sistem jemput bola.

Vaksinasi dengan sistem jemput bola ini dilakukan dengan tujuan mencegah terjadinya kerumunan saat antrean vaksinasi berlangsung. Selain itu, cara ini juga dipilih agar meningkatkan efisiensi alur dan jalannya pemberian vaksinasi bagi warga binaan.

"Untuk mengurai antrean dan kerumunan. Selain itu juga lebih memudahkan petugas dalam melakukan pengawasan, terukur, terarah. Insya Allah berjalan lancar, tertib, dan aman," kata Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Darmansyah, Sabtu (25/9/2021).

Baca Juga : Sulsel Genjot Vaksinasi, 22 Sekolah dengan 1.500 Pelajar Divaksin di Jeneponto

Darmansyah mengatakan untuk memperlancar vaksinasi, tim vaksinator yang merupakan gabungan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar, Poltekes Makassar, serta tenaga medis Lapas dan Rutan Makassar dibagi dalam tiga titik.

"Dua tim masuk ke blok hunian bagian dalam yang dipusatkan di Blok Sultan Hasanuddin dan Blok Sultan Alauddin. Sedangkan blok hunian luar yakni blok Isolasi, tahanan baru dan blok perempuan dipusatkan di ruang kunjungan secara bergantian," tambahnya.

 

Darmansyah menyampaikan target vaksinasi kali ini sebanyak 1.300 orang dan menjadi menjadi capaian terbesar dalam tiga gelombang vaksinasi di Rutan Makassar.

Baca Juga : Babinkamtibmas Jajaran Polsek Biringkanaya Kawal Pelaksanaan Vaksinasi

"Dari Komisi IX DPR RI yang diinisiasi Ibu Aliyah Mustika Ilham, alhamdulillah hari ini Rutan kembali memperoleh 1.300 dosis vaksinasi. Jika sesuai target, maka total warga binaan yang menjalani vaksinasi sudah di atas 90 persen," jelasnya.

Sponsored by MGID

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto mengapresiasi upaya yang dilakukan jajaran Rutan Makassar. Ia meminta agar menuntaskan vaksinasi bagi seluruh warga binaan dalam waktu dekat.

"Diupayakan 100 persen tuntas menjalani vaksinasi. Selebihnya tinggal melancarkan koordinasi dengan APH terkait tentang mekanisme penerimaan tahanan baru yang mewajibkan tuntas jalani vaksinasi. Sehingga diharapkan Rutan Makassar dapat terlindungi dari Covid-19, terbentuk kekebalan kelompok," kata Harun yang meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Syukur
#vaksinasi covid-19 #rutan makassar