Jumat, 24 September 2021 18:01

Komedian Tukul Arwana Pendarahan Otak Usai Vaksin Covid-19, Ini Penjelasan Dirut RS PON

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Komedian Tukul Arwana Pendarahan Otak Usai Vaksin Covid-19, Ini Penjelasan Dirut RS PON

Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit pada Rabu (22/9/2021).

RAKYATKU.COM - Mohon doanya untuk Tukul Arwana. Komedian terkenal itu dikabarkan kritis. Mengalami pendarahan di otak.

Tukul saat ini mendapat perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON). Banyak yang mengaitkan pendarahan otak itu dengan vaksinasi Covid-19.

Direktur Utama RS PON, Mursyid Bustami memberi klarifikasi. "Kami sudah melihat tidak ada hubungan stroke pendarahan atau pendarahan otak dengan vaksin Covid-19 ini," kata Mursyid dalam konferensi pers melalui kanal YouTube Kemenkes RI, Jumat (24/9/2021).

Mursyid menjelaskan, stroke terbagi dua yaitu stroke pendarahan pembuluh darah di otak dan stroke penyumbatan pembuluh darah. RS PON belum pernah menerima pasien pasca vaksinasi Covid-19 mengalami stroke.

"Itu dari beberapa laporan yang kami dapatkan dan spesialis syaraf juga mengatakan bahwa tidak ada pasien yang stroke setelah vaksinasi baik penyumbatan maupun pendarahan," ujarnya.

Menurut Mursyid, umumnya efek samping dari vaksinasi Covid-19 bersifat ringan. Misalnya demam, nyeri dibekas suntikan yang akan hilang dalam satu sampai dua hari.

Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit pada Rabu (22/9/2021). Tukul terkenal sebagai host acara Empat Mata yang kemudian berubah menjadi Bukan Empat Mata.

 

#Tukul Arwana