Jumat, 24 September 2021 15:07

Bupati Wajo Terima Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian PPPA

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Wajo, Amran Mahmud (tengah), menerima penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (PPPA), Jumat (24/9/2021).
Bupati Wajo, Amran Mahmud (tengah), menerima penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (PPPA), Jumat (24/9/2021).

Puncak kegiatan penerimaan penghargaan APE 2020 akan dilangsungkan pada 13 Oktober 2021 mendatang secara daring.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Bupati Wajo, Amran Mahmud, menerima penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (PPPA), Jumat (24/9/2021). Ini hanya sehari setelah menerima penghargaan dari Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Kementerian Pertanian.

Penghargaan nasional yang diterima kali ini di Jakarta, yakni Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori madya 2020. Tercatat ada 10 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menerima penghargaan ini untuk kategori madya. Salah satunya adalah Kabupaten Wajo.

Puncak kegiatan penerimaan penghargaan APE 2020 akan dilangsungkan pada 13 Oktober 2021 mendatang secara daring.

Baca Juga : Penjabat Bupati Wajo Kunjungi RSUD Lamaddukelleng Sengkang

Amran Mahmud menerima langsung piala dan piagam APE yang diserahkan oleh Sekretaris Deputi Bidang Kesetaraan Gender, Kementerian PPPA, Dewi Respatiningsih.

Dalam penerimaan penghargaan tersebut, Amran Mahmud didampingi Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP2KBP3A) Wajo, Ahmad Jahran.

Amran Mahmud menyampaikan terima kasih kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) dan stakeholder terkait serta semua pihak yang telah bekerja keras dan bekerja sama sehingga penghargaan APE bisa diraih tahun ini.

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2023 Bersama Pj Bupati

"Tentu ini merupakan suatu kebanggaan dan kesyukuran bagi kita karena bisa meraih penghargaan APE. Capaian ini tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama semua stakeholder. Utamanya OPD untuk terlibat pada pelaksanaan PUG (pengarusutamaan gender) di Wajo," ucap Amran Mahmud usai menerima penghargaan.

Ia menambahkan, penghargaan yang diraih ini adalah bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo dalam mendorong tercapainya keadilan dan kesetaraan gender. Selain itu, juga sebagai keseriusan pemerintah daerah dalam mendorong percepatan pengarusutamaan gender di Bumi Lamaddukelleng.

"Mudah-mudahan penghargaan ini membawa pengaruh positif terhadap peningkatan kualitas hidup perempuan, pemenuhan hak-hak perempuan, pemenuhan hak-hak anak sehingga anak tidak lagi mengalami kekerasan atau eksploitasi perlakuan yang salah lagi," harapnya.

Baca Juga : Bersama Pj Bupati dan Forkopimda Kabupaten Wajo Tanam dan Panen Perdana Cabai di Majauleng

Sekadar diketahui, APE adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG.

APE merupakan penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dan menunjukan kondisi kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan. dan perlindungan anak di daerah.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Kementerian PPPA