Rabu, 22 September 2021 19:54

Vaksinasi Serentak hingga Desa dan Kelurahan Segera Dilakukan PKK Sulsel

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Vaksinasi Serentak hingga Desa dan Kelurahan Segera Dilakukan PKK Sulsel

Ibu-ibu memiliki peran besar dalam masyarakat. Mereka harus dilibatkan untuk meyakinkan orang-orang di sekitarnya agar mau divaksinasi.

RAKYATKU.COM - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan gencar melakukan vaksinasi massal untuk meningkatkan herd immunity atau kekebalan kelompok.

Tim Penggerak PKK Sulsel juga terus melakukan vaksinasi serentak hingga ke tingkat desa dan kelurahan di 24 kabupaten dan kota.

Pelaksana tugas Ketua TP PKK Sulsel, Naoemi Octarina, mengatakan, kaum perempuan khususnya ibu-ibu memiliki peran besar dalam masyarakat.

Baca Juga : Ajak Masyarakat Bantu Pemerintah Putus Penyebaran COVID-19, RMS: Beri Kesempatan Plt Gubernur Sulsel

Karena itu, mereka harus dilibatkan untuk meyakinkan orang-orang di sekitarnya agar mau divaksinasi.

"Kondisi saat ini, tidak semua orang tua mengizinkan anak-anak mereka untuk divaksin sehingga perlu dilakukan edukasi bahwa vaksin penting untuk membentuk herd immunity," kata Naoemi dalam rapat pelaksanaan sosialisasi vaksinasi yang dilaksanakan secara virtual, Rabu (22/9/2021).

 

Istri Andi Sudirman Sulaiman ini mengatakan, PKK sebagai sebuah gerakan yang memiliki kader hingga ke tingkat desa, sudah seharusnya mengambil peran membantu pemerintah mempercepat terbentuknya herd immunity melalui vaksinasi. Sebelumnya, PKK sudah melaksanakan vaksinasi untuk ibu hamil dan vaksinasi khusus perempuan.

Baca Juga : Puting Beliung Terjang 5 Desa di Bone, BPBD Sulsel Gercep Salurkan Bantuan

"Kita harus punya tanggung jawab dan komitmen untuk meningkatkan herd immunity. Salah satunya tidak menyebarkan berita hoax. Kita bersama-sama menyusun strategi pelaksanaan vaksinasi serentak hingga ke tingkat desa dan kelurahan," tambahnya.

Sponsored by MGID

Terpisah, pelaksana tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang turut hadir dalam rapat tersebut mengatakan PKK memiliki kader hingga ke tingkat desa/kelurahan. Dengan demikian sudah seharusnya ikut dalam penanganan pandemi, termasuk vaksinasi. PKK harus menunjukkan kontribusi aktif melalui vaksinasi yang dilaksanakan serentak hingga ke tingkat desa.

"Jika ditarget seratus orang saja per desa, maka jumlah warga yang divaksin per hari se-Sulsel sudah tiga ratus ribu. Tinggal bagaimana ketua PKK di tingkat desa atau kelurahan ini mengkoordinir dengan baik. Bagi yang punya komorbid, PKK antarkan ke rumah sakit, vaksin di rumah sakit," kata Andi Sudirman.

Baca Juga : HUT Ke-352 Sulsel, Plt Gubernur: Kita Perlahan Lebih Baik

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr Ichsan Mustari, dalam kesempatan tersebut mengaku siap mensupport pelaksanaan vaksinasi serentak yang akan dilaksanakan PKK. Gedung PKK di kabupaten kota bisa dijadikan sebagai sentra vaksinasi, termasuk sekolah-sekolah.

"Vaksin siap, ada stok di provinsi. Kami juga akan koordinasi dengan kabupaten kota. Kita segera lakukan persiapan-persiapan, dan pendaftaran bisa dilakukan secara online," kata dr Ichsan.

 

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Syukur
#vaksinasi covid-19 #PKK Sulsel #Pemprov Sulsel