Rabu, 22 September 2021 17:58

Bupati Bantaeng Tinjau Usaha Penerima Bantuan Modal Berbasis Dusun dan RW

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Bantaeng Tinjau Usaha Penerima Bantuan Modal Berbasis Dusun dan RW

Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin berharap kepada pelaku usaha agar terus melakukan komunikasi kepada dinas terkait apabila menemui kendala.

BANTAENG - Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin terus memantau perkembangan usaha masyarakatnya. Kali ini, satu - satunya bupati di Sulsel yang mampu meloloskan lima inovasi pelayanan publiknya sekaligus di tingkat provinsi itu melihat perkembangan program bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW di Dusun Kariango, Desa Bonto Karaeng, Kecamatan Sinoa, Rabu (22/9).

Di sana, Ilham Syah Azikin menemui pemilik usaha Meubel "Karya Bokal" bernama Rabbani (51). Rabbani bercerita, dulu usahanya sangat sulit memenuhi kebutuhan pasar yang ada.

Akibatnya, dirinya tidak mampu meraih omzet yang ditargetkan. Tahun 2020, setelah melewati beberapa tahapan, dirinya menerima bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW yang digagas Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Lantik Puluhan Pejabat Baru

Rabbani menerima bantuan sebesar Rp 32 juta. Berkat bantuan itu usahanya berkembang dan mampu memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar.

Dia juga awalnya hanya memiliki satu orang pekerja, kini telah merekrut satu orang lagi untuk bekerja di usahanya. Kata dia, selain omzet yang bertambah, pihaknya juga mampu menyerap tenaga kerja di dusunnya sendiri.

"Setelah saya mendapat bantuan modal usaha, akhirnya saya mampu meningkatkan produksi, menambah dan menyerap tenaga kerja. Saya juga telah mensuplai pesanan keluar daerah seperti Makassar dan Bulukumba," kata dia.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Ilham Azikin: Jaga Kebersamaan

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin bersama jajaran berharap kepada pelaku usaha agar terus melakukan komunikasi kepada dinas terkait apabila menemui kendala.

"Kalau ada kendal kita temui Pak, segera ki komunikasi apa yang bisa kami bantu," kata Ketua IKAPTK Sulsel itu.

Dia juga menyampaikan kepada Rabbani untuk menyerap tenaga kerja di dusun. Utamanya para pemuda dengan usia produktif untuk dilatih menjadi pengusaha milenial.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Salurkan Asuransi Rp 209 Juta ke Peternak

"Nanti kita latih juga anak-anak muda milenial di dusun," harapnya.

#pemkab bantaeng