Minggu, 19 September 2021 19:01

Baru Setengah Jadi, 15 Gedung Jangkung China Senilai Rp2,1 Triliun Ini Diruntuhkan dengan Bom Hanya dalam 46 Detik

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Baru Setengah Jadi, 15 Gedung Jangkung China Senilai Rp2,1 Triliun Ini Diruntuhkan dengan Bom Hanya dalam 46 Detik

Gedung-gedung tinggi dihancurkan menggunakan 4,6 ton bahan peledak yang disimpan di 85.000 titik peledakan berbeda di sekitar gedung.

RAKYATKU.COM -- Momen ini cukup mengejutkan. Sebuah video merekam detik-detik pembongkaran 15 gedung jangkung di China.

Gedung-gedung tinggi dihancurkan menggunakan 4,6 ton bahan peledak yang disimpan di 85.000 titik peledakan berbeda di sekitar gedung. Seluruh proses hanya memakan waktu 46 detik.

Menurut kantor berita Xinhua, proyek perumahan ini dimulai pada tahun 2011 tetapi menghadapi banyak rintangan selama bertahun-tahun. Kemudian ditinggalkan selama lebih dari delapan tahun setelah proyek tersebut tidak dapat diselesaikan meskipun telah beberapa kali ganti kontraktor.

Baca Juga : Pria Ini Bingung Setelah Mengetahui Dia Satu-satunya Penumpang Dalam Pesawat

Akhirnya, pemerintah turun tangan yang memutuskan mengambil langkah drastis. Memerintahkan untuk menghancurkan bangunan setengah jadi setelah basement bangunan terendam air hujan membuat struktur lemah dan berbahaya bagi daerah sekitarnya.

 

Untuk memastikan pembongkaran berhasil dilakukan dan tidak ada korban, pihak berwenang memerintahkan semua penduduk dan perusahaan komersial terdekat untuk mengosongkan dan pindah ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga : Sebut Video Viral Pertengkaran Siswi SMP di Makassar Hanya Konten, Kadisdik Makassar Minta Maaf

Kunming Daily melaporkan, lebih dari 2.000 personel pendukung dikirim untuk membentuk delapan tim penyelamat darurat. Termasuk tim penyelamat kebakaran di lokasi, tim darurat pengendalian banjir, dan tim logistik manajemen perkotaan.

Sponsored by MGID

Taiwan News melaporkan bangunan-bangunan ini adalah bagian dari proyek Tahap II Kota Bintang Liyang yang belum selesai. Nilianya 1 miliar yuan Tiongkok atau sekitar Rp2,1 triliun.

#China #Bangunan Runtuh #Video viral