Minggu, 19 September 2021 23:59

Video Detik-Detik Menakjubkan saat Batu Luar Angkasa Menabrak Jupiter

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Video Detik-Detik Menakjubkan saat Batu Luar Angkasa Menabrak Jupiter

Peristiwa itu ditangkap dari Sao Caetano do Sul, di Sao Paulo, Brasil.

RAKYATKU.COM -- Rekaman terbaru dan langka menunjukkan planet terbesar di tata surya tertabrak benda tak dikenal.

Peristiwa itu tertangkap kamera José Luis Pereira, seorang astronom amatir dari Brasil.

Dia kemudian memposting rekaman di saluran YouTube-nya yang kemudian menjadi viral.

"Saya seorang pengamat planet yang tekun," katanya seperti dikutip dari Space.com.

"Ketika planet Jupiter, Saturnus, dan Mars berlawanan, saya mencoba membuat gambar di setiap malam yang memungkinkan langit cerah. Terutama planet Jupiter, favorit saya," tambahnya.

Menurut laporan itu, peristiwa itu ditangkap dari Sao Caetano do Sul, di Sao Paulo, Brasil. Beruntung baginya, dia siap dengan peralatannya yang ditujukan ke planet ini, seperti pada malam-malam lainnya, mengingat dia mencoba melacak segala sesuatu tentang planet ini untuk program DeTeCt.

"Yang mengejutkan saya, di video pertama saya melihat cahaya yang berbeda di planet ini, tetapi saya tidak terlalu memperhatikannya karena saya pikir itu mungkin sesuatu yang terkait dengan parameter yang diadopsi, dan saya terus menonton dengan normal," jelasnya.

"Agar tidak menghentikan pengambilan yang sedang berlangsung karena khawatir kondisi cuaca akan memburuk, saya tidak memeriksa video pertama," urainya.

Marc Delcroix dari French Astronomical Society mengkonfirmasi temuan tersebut. "Bagi saya, itu adalah momen emosi yang luar biasa, karena saya telah mencari catatan peristiwa (seperti itu) selama bertahun-tahun," kata Pereira kepada Space.com.

#planet jupiter