Sabtu, 18 September 2021 16:54

Bupati Wajo Salurkan Biaya Santunan dan Bantuan Plt Gubernur ke Korban Angin Puting Beliung

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Wajo Salurkan Biaya Santunan dan Bantuan Plt Gubernur ke Korban Angin Puting Beliung

Amran Mahmud juga meminta bantuan TNI dan Polri untuk membantu upaya perbaikan rumah masyarakat terdampak.

RAKYATKU.COM,WAJO - Bupati Wajo, Amran Mahmud, kembali mengunjungi dan bersilaturahmi dengan masyarakat korban bencana angin puting beliung di Desa Botto, Kecamatan Takkalalla, Sabtu (18/9/2021). Ini lanjutan kunjungan pada Jumat (17/9/2021).

Pada kunjungan kemarin, Amran Mahmud menyerahkan paket bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan NasDem Peduli. Kali ini orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng itu menyerahkan bantuan pribadi yang dijanjikan, yaitu 200 lembar seng dan bantuan lainnya.

"Hari ini kita serahkan bantuan pribadi yang saya janjikan kemarin yaitu 200 lembar seng. Ada juga bantuan dari Plt Gubernur Sulsel (Andi Sudirman Sulaiman) melalui Dinas Sosial Sulsel," kata Amran Mahmud.

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2023 Bersama Pj Bupati

"Kita juga hari ini menyerahkan bantuan yang dijanjikan sebelumnya oleh PT Energy Equity Epic Sengkang sebanyak 441 lembar seng. Serta 100 lembar seng dan air mineral dari Anggota DPRD Sulsel Desi Susanti Sutomo," tambahnya.

Santunan berupa uang tunai dan paket sembako dari belanja tidak terduga APBD Wajo juga diserahkan kali ini. Adapun nilainya sejumlah Rp2 juta untuk kategori rumah rusak berat, Rp1,5 juta untuk rusak sedang, dan Rp750 ribu bagi yang rusak ringan.

Amran Mahmud mengaku dirinya sebelumnya sudah memerintahkan kepada penjabat sekretaris daerah (sekda) Wajo untuk menggalang donasi dari para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo.

Baca Juga : Bersama Pj Bupati dan Forkopimda Kabupaten Wajo Tanam dan Panen Perdana Cabai di Majauleng

"Alhamdulillah sudah ada donasi yang terkumpul dari kepala OPD kita. Ini kita peruntukkan untuk pembelian balok yang akan diserahkan kepada masyarakat untuk digunakan sebagai rangka atap rumahnya. Hari ini kita serahkan 367 batang balok ukuran 3x5 dan 5x5," ucap Amran Mahmud.

Amran Mahmud juga menyampaikan bahwa dirinya sudah meminta bantuan kepada pihak TNI dan Polri turut membantu unit penanganan bencana dari OPD untuk membantu dalam upaya perbaikan rumah masyarakat terdampak. Bahkan dia secara pribadi menyediakan dan menggaji tukang kayu untuk membantu.

"Kita juga sudah minta bantuan TNI dan Polri untuk mendukung upaya perbaikan rumah, bahkan saya pribadi sudah menggaji tukang kayu untuk membantu," katanya.

Baca Juga : Menyusun RKPD Tahun 2025, Pemkab Wajo Gelar Musrenbang

Amran Mahmud menyampaikan terima kasih kepada seluruh organisasi dan instansi, donatur, serta para dermawan yang telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Juga kepada unit penanganan bencana serta TNI dan Polri yang telah membantu evakuasi dan akan tetap mengawal upaya perbaikan rumah masyarakat.

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Wajo menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu yang telah membantu dan berbagi rezeki dengan masyarakat kami. Jazakumullah khairan katsiran. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan yang lebih baik lagi," tuturnya.

Amran Mahmud pun tetap menyemangati masyarakat yang terdampak bencana angin puting beliung. Dirinya berharap masyarakat bisa ikhlas menerima ketentuan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Baca Juga : Kunjungan Kerja di Wajo, Menteri PPPA Monitoring dan Evaluasi Praktik Baik Pencegahan Perkawinan Anak

"Yakinlah bapak dan ibu sekalian bahwa ketika kita ikhlas, Allah akan permudah rezeki kita agar kita bisa mengganti kerusakan dengan yang lebih baik. Semoga bantuan yang kami salurkan sampai hari ini dan bantuan-bantuan yang datang berikutnya bisa bermanfaat," harapnya.

Turut hadir, anggota DPRD Sulawesi Selatan, Desy Susanti Sutomo, Dandim 1406 Wajo, Letkol Inf Muhamad Juanda Dinata, para kepala OPD, jajaran pemerintah kecamatan, desa, dan kelurahan se-Kecamatan Takkalalla, organisasi, serta relawan.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo