Jumat, 17 September 2021 16:32

Anggota DPR RI Muhammad Fauzi Soroti Lulusan PTDI Minim Diserap Daerah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi.
Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi.

Data 2021 menunjukkan hanya 300 lulusan yang terserap ke pemerintah daerah (pemda). Padahal, sekolah kedinasan ini memiliki siswa hingga 3.065 orang.

RAKYATKU.COM, BEKASI - Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi, menyoroti masih minimnya lulusan Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) yang terserap ke daerah.

Data 2021 menunjukkan hanya 300 lulusan yang terserap ke pemerintah daerah (pemda). Padahal, sekolah kedinasan ini memiliki siswa hingga 3.065 orang.

"Output kampus masih sangat terbatas, lulusan mestinya lebih banyak terdistribusi ke pemda. Dari 3.065 yang terserap hanya 300 orang tahun 2021, kenapa bisa seperti ini?" tanya Fauzi dalam kunjungan spesifik Anggota Komisi V DPR RI di PTDI Bekasi, Jumat (17/9/2021).

Baca Juga : Waspada! Oknum Catut Nama Anggota DPR RI Muhammad Fauzi untuk Penipuan di Medsos

Anggota DPR RI Fraksi Golkar ini juga meminta kepada pihak PTDI yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk lebih membuka ruang penyerapan alumni termasuk ke pihak swasta.

Dengan begitu, lulusan PTDI diharapkan mampu lebih terpakai di dunia kerja. "Mungkin harus lebih banyak promosi agar lulusan terserap ke dunia kerja baik pemda dan juga swasta, begitu juga ke luar negeri agar lulusannya bisa terserap," tambah legislator dari Dapil Sulsel III itu.

Selain serapan lulusan, Fauzi juga mengingatkan metode orientasi mahasiswa baru agar tidak lagi memakai pola lama. Kekerasan kadang terjadi dari senior ke junior.

Baca Juga : Dapat Dukungan Penuh dari Kalangan Pengurus Masjid di Kota Makassar, Caleg DPR RI Subhan Mappaturung Siap Melangkah ke Senayan

Suami Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, ini juga meminta Kemenhub meningkatkan kualitas PTDI dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat Indonesia (STTDI) termasuk yang ada di daerah lain.

"Mohon kualitas terus ditingkatkan dan sama dengan yang ada di Bali, Palembang, dan Mempawah. Agar lulusannya ke depan bisa berkontribusi lebih banyak ke sektor transportasi darat," tuturnya.

#muhammad fauzi #dpr ri