Jumat, 17 September 2021 16:34

Kementerian Pertanian Dukung Perluasan Akses Pasar Internasional Ekspor Buah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kementerian Pertanian Dukung Perluasan Akses Pasar Internasional Ekspor Buah

Indonesia sejak lama dikenal sebagai pemasok buah segar ke pasar mancanegara.

RAKYATKU.COM, PASURUAN - Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan ekhibisi potensi buah segar Indonesia ke pasar Eropa. Buah segar menjadi 1 di antara 5 komoditas Indonesia yang dibawa ke Brussel, Belgia, untuk dipamerkan dalam event Discover Indonesian Super Foods and Drinks.

Mengenai hal ini, Indonesia sejak lama dikenal sebagai pemasok buah segar ke pasar mancanegara. Hal ini seperti yang dijelaskan Muhid, eksportir buah Mangga Gadung asal Pasuruan, Jawa Timur.

"Singapura, Malaysia, dan Arab Saudi adalah negara negara pengimpor buah asal Indonesia. Jadi memang potensi buah segar kita sangat besar sekali," ujar Muhid, Jumat (17/9/2021).

Baca Juga : Pj. Gubernur Jateng Apresiasi Mentan Amran atas Solusi Cepat Bagi Petani

Ia pun menyampaikan terima kasih atas perhatian besar pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian yang membawa buah lokal ke pameran dan forum internasional di Belgia.

"Kami petani dan eksportir buah merasa sangat terbantu sekali dengan upaya pemerintah yang memamerkan buah kita ke Eropa. Semoga buah nasional semakin jaya," katanya.

Muhid menambahkan, sejauh ini ada empat kecamatan yang memproduksi buah mangga berkualitas tinggi di wilayah Pasuruan, yakni Kecamatan Rembang yang memiliki luas tanam 850 hektare, Bangil 50 hektare, Pasuruan 100 hektare, dan Sukorejo 500 hektare.

Baca Juga : Halal Bihalal Kementerian Pertanian, Mentan Amran Bicara Cinta Membangun Pertanian Gemilang

"Ke depan saya berharap petani di empat kecamatan ini bisa mengekspor melalui satu pintu. Jadi tidak melalui perantara. Langkah ini penting dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani buah di Pasuruan," katanya.

Sebagai infomasi, delegasi Kementan hadir ke Roma, Italia, untuk menghadiri pertemuan G20 Open Forum on Sustainable Agriculture. Di sana, Kementan akan menyampaikan materi kenegaraan berjudul meningkatkan produktivitas, membuka lapangan kerja, dan penambahan nilai dalam sistem pertanian pangan Indonesia.

#Kementerian Pertanian