Jumat, 17 September 2021 15:59

Pengertian HRIS System Lengkap Beserta Daftarnya!

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pengertian HRIS System Lengkap Beserta Daftarnya!

HRIS systems didukung oleh fitur menarik dan lengkap seperti kehadiran atau absensi, cuti, penggajian, dan masih banyak lagi lainnya.

BUAT perusahaan baik itu perusahaan kelas kecil, menengah sampai kelas atas tentu memiliki pengelolaan sistem HR walau terbilang sederhana. Sistem yang digunakan untuk mengelola data karyawan ini sering disebut dengan nama HRIS. Dengan sistem HRIS ini data karyawan dan hal yang berkaitan dengannya bisa dikelola dan dipantau lebih mudah, karena semua sudah tertata rapi dan juga sistematis.

Sehingga perusahaan khususnya bagian HR yang berkaitan langsung dengan karyawan. Banyak jenis HRIS systems ini didukung oleh fitur menarik dan lengkap seperti kehadiran atau absensi, cuti, penggajian, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk perusahaan yang memiliki jumlah karyawan di atas 1000 karyawan system in terbilang cukup handal digunakan.

Segala kemudahan dan juga human error bisa dicegah sehingga tercipta hasil pekerjaan yang lebih akurat juga terkontrol. Namun setiap HRIS system tentunya memiliki harga yang berbeda, setiap system yang digunakan memiliki fitur berbeda pula. Jadi ada baiknya sebelum perusahaan memilih mana yang terbaik dan cocok, pastikan sesuai dengan kebutuhan.

Buat Anda yang ingin menggunakan HRIS system sebagai program untuk membantu perusahaan lebih baik lagi. Maka ketahui dulu beberapa daftar HRIS system terbaik yang bisa dicoba.

Daftar HRIS System Terbaik

 

  1. Talenta by Mekari

HRIS system satu ini terbilang menjadi sebuah aplikasi yang cocok untuk perusahaan berskala menengah ke atas. Aplikasi yang bernama Talenta by Mekari ini sudah dipercaya sejak dalam, dan terbukti memiliki fitur handal yang bermanfaat bagi perusahaan dalam mengelola HR lebih akurat.

HRIS system sudah dilengkapi dengan versi online dan juga program software, sehingga mudah digunakan. Ada beberapa fitur seperti menghitung dan membayar gaji karyawan secara otomatis, fitur absensi, sampai cuti karyawan juga tersedia di dalam HRIS system ini.

  1. WebHR

 HRIS system yang juga memberikan fitur terlengkap yaitu aplikasi WebHR. Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan luar yang sudah dilengkapi sistem digital dan juga sistem kerja yang handal. Sehingga perusahaan tidak perlu lagi meragukan kualitas dan layanan yang disediakan oleh HRIS system ini.

 Fitur yang tersedia di dalam HRIS system ini seperti pengelolaan absensi karyawan, sistem penggajian, cuti dan sebagainya. Menggunakan sistem ini memberikan manfaat yang baik bagi perusahaan karena lebih mudah mengontrol dan juga sistemnya sudah terintegrasi pada sistem yang ada di dalam bagian lainnya. 

  1. Orangehrm

 Selanjutnya ada aplikasi yang bisa digunakan perusahaan bernama Orangehrm yang merupakan buatan dari perusahaan di Amerika Serikat. Dengan menggunakan HRIS system ini akan perusahaan akan terbantu dalam pengelolaan sumber daya sehingga menjadi lebih efisien dan efektif lagi.

 Fitur yang disediakan di dalam HRIS system ini seperti  penilaian kinerja karyawan, pembayaran gaji, perjalanan dinas karyawan, dan sebagainya. Sehingga dengan adanya fitur ini perusahaan jauh lebih mudah dalam menyusun data yang dikelola dengan maksimal. 

  1. Paycor

 Jika Anda ingin memiliki HRIS system handal dan juga menarik maka bisa mencoba aplikasi Paycor. Dengan menggunakan aplikasi ini maka perusahaan menjadi lebih mudah untuk mengintegrasikan absensi karyawan dengan sistem gaji setiap bulannya. Aplikasi ini juga bisa membantu proses penerimaan karyawan lebih efisien. Sehingga dapat memberikan keuntungan dan juga manfaat yang lebih baik bagi perusahaan.

 HRIS system Paycor ini juga terbilang banyak digunakan perusahaan besar karena sudah teruji kinerja sistemnya yang luar biasa memuaskan. Sehingga perusahaan merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini, hasilnya terlihat lebih akurat dan minin error. 

  1. Namely

 Satu lagi HRIS system yang bisa diandalkan untuk membantu pengelolaan perusahaan lebih baik lagi yaitu Namely. Dengan menggunakan aplikasi ini maka data karyawan bisa dikelola lebih maksimal dan juga akurat.  Aplikasi ini berasal dari Amerika dan dipercaya memiliki sistem kerja yang handal dan juga memiliki fitur menarik dan lengkap.

 Karyawan juga bisa menggunakan HRIS system ini dengan ketentuan yang diatur sebelumnya. Karyawan bisa mengisi data diri, data absen, cuti dan kinerja selama satu tahun dalam sistem ini.

 Hal ini membantu perusahaan terutama tim HR untuk mudah menilai penampilan karyawan mana yang layak mendapat promosi dan mana yang masih dalam proses penilaian. 

  1. Deskera

 Lalu ada sebuah HRIS system yang mana banyak digunakan perusahaan menengah dan skala besar bernama Deskera buatan dari perusahaan Amerika Serikat. Dengan adanya aplikasi ini maka perusahaan bisa dengan mudah mengatur dan mengelola data karyawan lebih maksimal. Dan juga membantu pekerjaan tim HR jauh lebih mudah dan cepat.

 HRIS system Deskera memiliki berbagai fitur yang lengkap dengan kemampuannya dalam mengatur dan mengelola data karyawan lebih mudah. Sehingga membantu perusahaan menyelesaikan pekerjaan karyawan lebih efektif dan mudah, hal ini khususnya untuk tim HR. 

  1. Apps Payroll and HR

 HRIS system terbaik menjadi aplikasi terbaik dan banyak digunakan perusahaan berskala menengah dan besar yaitu Apps Payroll and HR. Aplikasi yang memungkinkan perusahaan bisa mengelola dan mengatur data karyawan lebih mudah dan input data tanpa batas. Sehingga hasil yang didapat lebih akurat dan jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini seperti fitur mengelola gaji dan kehadiran karyawan yang bisa dengan mudah terintegrasi antara bagian satu dengan dengan bagian lain. Dengan adanya  HRIS system ini memudahkan tim HRD mengerjakan penggajian setiap bulan tanpa ada masalah. 

  1. SAP Success Factors

 Satu lagi HRIS system yang bisa menjadi pertimbangan perusahan yaitu SAP Success Factors yang mana menawarkan banyak keuntungan dalam mengatur dan mengelola pekerjaan HR jauh lebih efektif dan mudah. Aplikasi yang didukung dengan berbagai fitur seperti absensi karyawan, penggajian, sampai cuti tersedia lengkap dan mudah digunakan.

 HRIS system ini mampu menghubungkan setiap karyawan dengan aplikasi dengan cara mudah dan sederhana. Sehingga nantinya karyawan bisa mengisi data dan juga berkonsultasi secara langsung ke tim HR. Dan juga ini memberikan keuntungan bagi tim HR karena pekerjaan jauh lebih mudah dikerjakan dan hasilnya lebih optimal dan cepat.

 Sehingga perusahaan dan tim HR bisa mengetahui karyawan mana yang memiliki potensi lebih baik dan mana yang kurang berpotensi. Hasilnya karyawan bisa mendapat promosi dan juga kenaikan tingkat lebih cepat dan mudah jika kinerjanya dinilai baik. 

  1. Hr.my

 Perusahaan yang saat ini membutuhkan sebuah HRIS system maka bisa mencoba bernama Hr. my. Dimana aplikasi ini didukung dengan fitur lengkap dan juga handal dalam melakukan pekerjaan HR dengan efektif. Fitur yang tersedia mulai dari absensi, payroll, sampai reimbursement semua pekerjaan tersebut bisa dikerjakan dengan mudah dan jauh lebih cepat. Dan juga fitur yang sudah terintegrasi dengan bagian lain selain tim HR, hal ini akan memudahkan perusahaan mengetahui segala informasi yang berhubungan dengan bagian manapun. 

Hasilnya semua pekerjaan di bagian tertentu menjadi lebih mudah karena data yang dibutuhkan sudah saling berkaitan satu sama lain secara sistem. Tentunya pekerjaan tim HR dan tim lain jauh lebih cepat dan efektif. 

  1. Zenefits

 Dan berikutnya hadir sebuah HRIS system yang bisa digunakan bernama Zenefits. Dengan menggunakan aplikasi Zenefits akan memudahkan tim HR dalam mengatur penggajian dan juga data absensi karyawan lebih mudah. Hal menarik lain dimana perusahaan dapat mengatur jadwal kerja karyawan lebih optimal. Sehingga proses pengelolaan waktu kerja dapat dijalankan sesuai dengan perusahaan. HRIS system ini bisa digunakan untuk perusahaan yang berskala kecil, menengah sampai perusahaan yang besar.

  1. Sybiz

Sybiz merupakan sebuah HRIS System dan payroll yang dibuat dari negara Australia yang memiliki fitur lengkap. Dalam hal ini karyawan bisa mengisi data pribadi, mengecek jatah cuti juga mengajukan cuti melalui cara online, bisa melihat slip gaji sampai mengecek saldo jaminan pensiun.

Sybiz dapat dibuka melalui web dan smartphone, yang mana, setiap karyawan tidak harus berada di kantor untuk bisa mengelola masalah pekerjaannya.

HRIS System Sybiz ini bisa digunakan sesuai job desc. dan jabatan karyawan, seperti antara karyawan staff dan manajer. Saat karyawan “staff” akan mengajukan cuti, maka manajer dan HR juga bisa melihat dan menyetujui atau menolak pengajuan cuti langsung dari aplikasi.

  1. Workday

Salah satu HRIS System  adalah Workday. Aplikasi ini berasal dari Amerika dan menyediakan berbagai produk HR yang membantu perusahaan untuk mengelola data karyawan lebih optimal.

Dengan menggunakan aplikasi ini akan memudahkan perusahaan dalam hal menggunakan teknologi serba modern untuk mengelola data karyawan, perekrutan, pengembangan bakat, penggajian dan juga cara supaya loyalitas karyawan pada perusahaan semakin meningkat lagi.

  1. Timetastic

Timetastic menjadi salah satu HRIS System yang dapat memudahkan proses pendataan karyawan dengan  memberikan berbagai fitur-fitur menarik. Terdiri dari dua jenis fitur yang ada di HRIS System ini, perusahaan tinggal memilih gratis  atau berbayar.

Jika ingin mendapatkan fitur yang lengkap maka perusahaan bisa memilih aplikasi yang berbayar.

  1. Exenta

Exenta menjadi sebuah HRIS System yang menggunakan web dalam menyediakan fitur HR. Karyawan dengan mudah merubah data pribadi, seperti alamat pribadi, kontak, sampai data kerabat terdekat. Dan juga memberi informasi pada HR juga tersedianya slip gaji otomatis

Karyawan bisa mengisi form pengajuan cuti dan lembur dan tim HR dapat memberi persetujuan melalui aplikasi Exenta ini.

Fitur ini juga memudahkan karyawan untuk melakukan reimbursement seperti transportasi, akomodasi, atau makan selama perjalanan bisnis dilakukan.

Exenta memungkingkan karyawan mengajukan klaim, melihat pengumuman terbaru dan sebagainya dengan cara yang mudah dan cepat.

Nah, itulah bahasan mengenai HRIS System yang bisa Anda ketahui, semoga menjadi referensi untuk menentukan dan memilih HRIS System mana yang cocok untuk perusahaan Anda.

Sehingga kedepannya akan menghasilkan data laporan yang akurat, tepat dan tanpa ada masalah yang bisa merugikan karyawan dan perusahaan. Dan memberikan keuntungan sesuai harapan agar perusahaan lebih baik lagi dalam mengelola data karyawan dan sebagainya.

#HRIS Systems