Jumat, 10 September 2021 15:54

Listriki 770 Rumah Tangga di Pulau Masaloka, PLN Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Bombana

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Listriki 770 Rumah Tangga di Pulau Masaloka, PLN Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Bombana

Tantangan yang dihadapi petugas PLN untuk membangun jaringan di Pulau Masaloka tidaklah mudah. Untuk memobilisasi materiel, PLN harus menyeberangi laut dan melewati medan yang cukup ekstrem.

RAKYATKU.COM, BOMBANA - PT PLN (Persero) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, menjalin kerja sama terkait pembangunan jaringan listrik guna melistriki 770 rumah tangga (RT) di lima desa dalam Pulau Masaloka, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kelima desa tersebut adalah Desa Masaloka Timur (117 RT), Masaloka (149 RT), Masaloka Barat (149 RT), Batu Lamburi (159 RT), dan Masaloka Selatan (196 RT).

Berkat kerja sama ini, PLN berhasil menuntaskan tugas mulianya untuk melistriki lima desa di Pulau Masaloka dan diharapkan hadirnya listrik nanti akan meningkatkan ekonomi setempat.

Baca Juga : Pastikan Kesiapan Petugas Periode Nataru, Manajemen PLN UIW Sulselrabar Kunjungi Posko Siaga

Hal ini ditandai dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman dan serah terima operasi (STO) antara Pemkab Bombana dan PLN untuk jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 2x271 meter sirkuit (ms) yang membentang di atas selat Masaloka.

Hadir dalam penandatanganan nota kesepahaman dan STO tersebut General PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid, dan Bupati Bombana, Tafdil, Wakil Bupati Bombana, Johan Salim, dan Ketua DPRD Bombana, Arsyad.

Dalam kesempatannya, Awaluddin mengungkapkan rasa syukurnya atas kerja sama yang dilakukan dengan Pemkab Bombana sehingga Pulau Masaloka dapat terlistriki.

Baca Juga : Jelang Nataru, PLN Jaga Keandalan Pasokan Listrik dan Siagakan Petugas

"Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Bombana sehingga PLN dapat melistriki Pulau Masaloka," kata Awaluddin.

Awaluddin berharap kerja sama operasi (KSO) ini ke depannya bisa diterapkan oleh pemerintah daerah lain di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat sehingga ada percepatan dalam melistriki daerah terpencil.

"Kerja sama seperti ini merupakan kewajiban kita bersama sebagai abdi bangsa untuk membantu saudara kita yang belum berlistrik karena menghadirkan listrik bagi saudara kita adalah tangung jawab bersama," tambah Awaluddin.

Baca Juga : PLN Kembali Tambah Pasokan Listrik ke PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia 90 MVA

Dalam sambutannya, Bupati Bombana, Tafdil, menyampaikan terima kasihnya kepada PLN atas kerja sama yang telah dilakukan ini.

"Saya mewakili masyarakat Masaloka Raya mengucapkan terima kasih karena akhirnya masyarakat dapat menikmati listrik," kata Tafdil.

"Semoga dengan hadirnya listrik, masyarakat di Masaloka Raya dapat mengembangkan usahanya sehingga ekonomi dapat meningkat," tuturnya.

Baca Juga : Amankan Aset Negara, PLN Terima 118 Sertifikat dari BPN Sulawesi Selatan

Tantangan yang dihadapi petugas PLN untuk membangun jaringan tersebut tidaklah mudah. Untuk memobilisasi materiel, PLN harus menyeberangi laut dan melewati medan yang cukup ekstrem.

Guna melistriki Pulau Masaloka, PLN berhasil membangun sepanjang 7,39 kilometer sirkuit (kms) dan 6,03 kms JTR serta 4 gardu distribusi dengan total kapasitas 250 kVA.

Ke depannya JTM (2x271 ms) yang dibangun oleh Pemkab Bombana akan dioperasikan oleh PLN guna menghubungkan aliran listrik dari Bombana ke jaringan PLN di Pulau Masaloka.

Baca Juga : GM PLN UIW Sulselrabar Sampaikan Orasi Ilmiah di PNUP

Total sebanyak 770 RT potensi pelanggan di Pulau Masaloka yang nantinya akan dialiri listrik PLN.

PLN terus menunjukan komitmennya untuk melistriki daerah terpencil di Sultra. Dengan hadirnya listrik di Pulau Masaloka, diharapkan mampu meningkatkan taraf ekonomi dan pendidikan masyarakat di tengah pandemi ini.

Penulis : Lisa Emilda
#Pemkab Bombana #PLN UIW Sulselrabar