Jumat, 10 September 2021 13:07

Harhubnas, KSOP Parepare Gandeng Berbagai Stakeholder Bersih Pantai

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare menggelar aksi bersih pantai, Jumat (10/9/2021).
Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare menggelar aksi bersih pantai, Jumat (10/9/2021).

Kegiatan bersih-bersih pantai di sekitar area pelabuhan sebagai salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare menggelar aksi bersih pantai, Jumat (10/9/2021).

Aksi melibatkan berbagai stakeholder, di antaranya Polsek KPN, KKP, Bea Cukai, Pelindo, termasuk perusahaan pelayaran buruh dan warga ini dilakukan di tiga titik, yakni di Area Pelabuhan Nusantara, Pelabuhan Cappa Ujung, serta Pelabuhan Lontangnge.

Kepala KSOP Parepare, Ridwan Chaniago, menjelaskan kegiatan bersih-bersih pantai di sekitar area pelabuhan sebagai salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021.

Baca Juga : Taufan Pawe Dukung Upaya KSOP Parepare Wujudkan Zero Accident

"Berangkat dari kekkawatiran kita dengan tingkah masyarakat yang membuang sampah utamanya sampah plastik, maka kami berinisiatif melakukan aksi bersih pantai di area pelabuhan ini," terangnya.

Kegiatan ini, kata Ridwan, diharapkan bisa memotivasi warga khususnya di area pelabuhan untuk mengelola sampahnya dengan baik.

"Tanggung jawab kebersihan pantai bukan hanya tanggung jawab kemaritiman. Namun, merupakan tanggung jawab semua pihak. Bagaimana pun dibersihkan pantai tidak akan bisa bersih jika tingkah masyarakat masih membuang sampah di laut," ucapnya.

Baca Juga : Ada Simontok, Pelabuhan Nusantara Parepare Tertibkan Buruh Panggul

Ridwan mengaku khawatir dengan kondisi pantai di Indonesia yang disebabkan oleh sampah plastik. "Setidaknya ada perilaku mencintai lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan," harapnya.

Selain bersih pantai, dalam rangkaian Harhubnas 2021, sebelumnya KSOP bersama KKP menggelar vaksinasi massal yang dikhususkan untuk penumpang kapal serta warga skitar pelabuhan serta donor darah bersama PT Pelindo.

Penulis : Hasrul Nawir
#KSOP Parepare #Hari Perhubungan Nasional