Sabtu, 04 September 2021 08:01

Plt Gubernur Harap Masukan PDPI Terkait Kebijakan Penanganan Covid-19 di Sulsel

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt Gubernur Harap Masukan PDPI Terkait Kebijakan Penanganan Covid-19 di Sulsel

Dokter paru yang terhimpun dalam PDPI diharap mendukung pemerintah provinsi dalam mengeluarkan kebijakan yang berkaitan dengan Covid-19.

RAKYATKU.COM - Pelaksana tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman menyebut peran dokter paru di awal masa pandemi cukup besar dalam penanganan Covid-19. Bahkan peran dokter paru dinilai sangat vital.

Hal ini disampaikan Andi Sudirman Sulaiman saat membuka Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) yang ke-16 atau 16th National Congress of Indonesian Society of Respirology on Conjuction with 1st Indonesian Chronic Lung Disease International Meeting (ICLIME), yang diselenggarakan di Hotel Grand Claro, Makassar.

Plt Gubernur juga menyebut mengharapkan masukan dari para dokter paru yang terhimpun dalam PDPI, untuk mendukung pemerintah provinsi dalam mengeluarkan kebijakan yang berkaitan dengan Covid-19.

Baca Juga : Pengusaha Malaysia Investasi Rp1 Triliun di Sulsel

"Dokter paru orang yang bantu kami di masa krisis dari awal pandemi hingga saat ini. Inilah yang memberikan pendampingan dan penanganan karena pandemi yang dialami berkenaan dengan sistem pernapasan kita," kata Andi Sudirman.

Ketua Umum PDPI, dr Agus Dwi Susanto mengungkapkan, selama pandemi PDPI telah memberikan banyak peran, terutama dalam melakukan pelayanan kepada pasien Covid-19.

Yang menjadi fokus PDPI saat ini tidak hanya pada persoalan Covid-19. Namun juga pada penyebaran penyakit Tuberculosis atau TBC yang ternyata jumlahnya cukup tinggi, yang harus mendapat penanganan tindak lanjut yang lebih serius.

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

"Selama pandemi kami telah berikan banyak peran. Kami juga senantiasa mengikuti perkembangan yang ada dan selalu berupaya meningkatkan kesehatan paru masyarakat Indonesia," katanya.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel