Rabu, 01 September 2021 10:58

Bupati Gowa Ajak Pemuda Berperan Aktif dalam Pembangunan Daerah

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Gowa Ajak Pemuda Berperan Aktif dalam Pembangunan Daerah

Keberhasilan pemerintah ditentukan oleh sejauh mana peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

GOWA -- Pemuda merupakan salah satu generasi penerus yang akan menentukan masa depan suatu bangsa. Termasuk dalam pembangunan suatu daerah.

Sehingga keberadaan pemuda yang merupakan salah satu sumber daya manusia harus terus ditingkatkan. Hal ini pun menjadi harga mati yang harus dipersiapkan sedini mungkin agar dapat berguna untuk Indonesia di masa yang akan datang.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal APKASI sekaligus Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menjadi narasumber pada Webinar Nasional “Peranan dan Tantangan Pemuda dalam Pembangunan Desa Menyongsong Indonesia Emas 2045” yang diselenggarakan oleh Akar Desa Indonesia, Selasa (31/8).

Baca Juga : Pemkab Gowa - USAID Bakal Kolaborasi Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

"Jika kita ingin melihat tingkat perkembangan dan kemajuan suatu daerah, maka lihatlah pemudanya. Karena saat ini aset terbesar suatu daerah dilihat dari sumber daya manusianya,” terang Adnan.

Menurutnya, pemuda sebagai pemegang estafet kepemimpinan harus berperan aktif di dalam pembangunan. Karena keberhasilan pemerintah ditentukan oleh sejauh mana peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

 

"Adanya forum diskusi seperti saat ini adalah bentuk upaya kita dalam menampung aspirasi pemuda. Kalau kami di Kabupaten Gowa sejak 2019 telah melaksanakan Musrenbang Pemuda agar dapat terlibat langsung dalam pembangunan daerah," ungkap Bupati Gowa 2 periode ini.

Baca Juga : APKASI Otonomi Expo 2021 Bisa Bangkitkan Perekonomian di Tengah Pandemi Covid-19

Lebih lanjut, Adnan berharap agar semakin banyak kebijakan yang berorientasi pada peningkatan SDM khususnya pemuda pada setiap daerah di seluruh wilayah Indonesia. Dengan adanya keserasian kebijakan, akan semakin meningkatkan potensi pemuda dalam kewirausahaan, kepeloporan, dan kepemimpinan di masa yang akan datang.

Sponsored by MGID

"Kami di Kabupaten Gowa telah memiliki Perda No. 1 Tahun 2019 yaitu tentang penyelenggaraan kepemudaan. Dan kami juga telah mendapatkan predikat "Kabupaten Layak Pemuda" dari Kemenpora," pungkasnya.

Ke depan Adnan berharap dialog maupun diskusi seperti yang dilakukan saat ini dapat terus terlaksana untuk mendapatkan aspirasi dari para pemuda sebagai bentuk keikutsertaan dan keterlibatan pemuda dalam membangun daerah serta Indonesia secara keseluruhan.

Baca Juga : Sekjen Apkasi Ajak Kadin dan Hipmi Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Selain Sekjen APKASI, beberapa tokoh yang turut hadir sebagai narasumber di antaranya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Golongan Karya, Dyah Roro Esti Widya Putri.

Sponsored by advertnative
 
#Pemkab Gowa