Selasa, 31 Agustus 2021 12:10

Ada yang berbeda pada acara Ospek Universitas Ciputra Makassar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ada yang berbeda pada acara Ospek Universitas Ciputra Makassar

Mengawali kegiatan ospek mahasiswa angkatan pertama, pihak kampus UC Makassar bekerja sama manajemen Citraland City Losari Makassar mengadakan pelatihan bandeng tanpa duri.

RAKYATKU.COM -- Universitas Ciputra School of Business Makassar menggelar acara MOS atau biasa dikenal Orientasi Week, Senin (30/8/2021). Berlokasi di ruang kelas lantai 3 Kampus Universitas Ciputra.

Acara ini di buka Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar, Amelia Malik mewakili wali kota Makassar.

Amelia Malik memberikan apresiasi atas kehadiran Universitas Ciputra Makassar. Terlebih lagi dengan kegiatan orientasi kepada mahasiswa yang mengacu kepada pengembangan skill dan mindset anak didik.

Amelia berharap orientasi mahasiswa yang dilakukan UC Makassar bisa diikuti universitas lain sehingga tidak ada lagi ospek yang berbau kekerasan atau anarkis tetapi bagaimana calon mahasiswa bisa lebih kreatif dan inovatif.

Semoga kehadiran UC Makassar bisa menjadi pilihan tepat bagi para orang tua yang ingin menyekolahkan anak mereka dengan konsentrasi pendidikan bisnis.

 

Chairman Ciputra school of Business Makassar Dr Ir Tony Antonio MEng menyampaikan, ospek kali ini sangat berbeda dengan ospek yang biasanya. "Kami siapkan pembentukan mindset dan wirausaha," katanya.

"Di UC Makassar, mahasiswa diberi tugas dasar filosofi kami, mahasiswa harus mengembangkan suatu ide bisnis yang memberdayakan masyara?at sekitar dengan tujuan membawa inovasi baru untuk Kota Makassar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terlibat," ungkap Rektor Universitas Ciputra Surabaya pada periode 2006 sampai 2017 yang sekarang juga menjadi ketua Universitas Ciputra (UC) Makassar.

Sponsored by MGID

Tony Antonio juga mengatakan, mengawali kegiatan ospek mahasiswa angkatan pertama, pihak kampus UC Makassar bekerja sama dengan manajemen Citraland City Losari Makassar mengadakan pelatihan bandeng tanpa duri dengan menghadirkan narasumber langsung dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo.

Pelatihan bandeng yang merupakan kegiatan abdimas dibuka wali kota Makassar yang diwakili Kadis Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Sri Susilawati.

Sri Susilawati mengatakan, kegiatan ini mendukung visi misi wali kota Makassar terkait percepatan terwujudnya Makassar sebagai kota dunia yang nyaman, sombere’ dan smart city dalam entitas kesehatan, ekonomi, dan adaptasi sosial.

Dalam pelaksanaan ospek ini, O-Week UC Makassar atau Orientation Week UC Makassar mengangkat tema VIGOR yang merupakan singkatan dari Visionary, Grow, Innovator yang maksudnya menanamkan pada mahasiswa baru agar memiliki semangat untuk belajar dan bertumbuh dari kesalahan pribadi maupun orang lain agar dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan memberi dampak bagi orang lain.

Carolina Novi Mustikarini, SE, MSc, LP-NLP dosen yang sudah berpengalaman 10 tahun di Universitas Ciputra Surabaya dan sekarang menetap sebagai dosen senior di UCM turut menjelaskan bahwa konsep ospek yang dirancangnya bersama alumni dan mahasiswa UC Surabaya berbeda dengan ospek pada umumnya.

"Melalui kegiatan ospek mahasiswa sudah diajari bisnis dan membantu lingkungan sekitar. Melalui 30 warga yang akan mendapat pelatihan dan memproduksi ikan bandeng tanpa duri dapat bersaing dan memiliki tempat di hati konsumen, ke depannya Dinas Koperasi dan UMKM akan bekerja sama lebih lanjut untuk pembinaan usaha-usaha kecil di Makassar,” urainya.

Pemerintah Kota Makassar mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Citraland City Losari dan Universitas Ciputra, School of Business Makassar. Apalagi saat ini ribuan UKM di Kota Makassar banyak yang seret sehingga harapan masyarakat yang tidak memiliki peluang kerja akhirnya bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja.

"Kegiatan yang diadakan pada 30-31 Agustus 2021 ini merupakan pelatihan tahap pertama yang diisi dengan materi teknik pengolahan bandeng tanpa duri dengan kualitas premium. Kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar Kota Makassar khususnya untuk pemberdayaan kawasan lorong,” ujar Hendra Wahyuadi, General Manager Citraland City Losari.

“Pelatihan yang berlokasi di gedung Universitas Ciputra ruang Lab Culinary Business Management lantai 1 ini akan berkelanjutan yaitu manajemen bisnis serta pemasaran produknya," tambah Winarto Poernomo, SE, MM, Vice Chairman for Operation Affair.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Lisa Emilda
#Universitas Ciputra Makassar