Senin, 30 Agustus 2021 08:11

Bupati Wajo Imbau Warga Tetap Waspada Potensi Banjir Susulan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Wajo, Amran Mahmud.
Bupati Wajo, Amran Mahmud.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, mengimbau kepada warga untuk mengantisipasi dan selalu mewaspadai potensi banjir susulan, maupun cuaca yang tergolong ekstrem.

RAKYATKU.COM, WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo mengimbau kepada semua warga untuk selalu mengantisipasi dan mewaspadai terjadinya banjir susulan.

Mengingat, laporan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) yang disampaikan melalui Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wajo, Minggu (29/8/21), potensi hujan sedang dan lebat yang disertai petir, serta angin kencang masih memungkinkan berlanjut.

Sesuai data, hujan sedang dan lebat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Wajo, Sidrap, Soppeng, Luwu, Enrekang, Pinrang, dan Kota Parepare, serta daerah lainnya. Prakiraannya bisa berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo Akan Dirangkaikan Peringatan Hari Bumi

Terkait dengan itu, Bupati Wajo, Amran Mahmud, mengimbau kepada warga untuk mengantisipasi dan selalu mewaspadai potensi banjir susulan, maupun cuaca yang tergolong ekstrem.

"Berdasarkan prakiraan dan peringatan dini cuaca dari BMKG tersebut, saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap-ki’ waspada sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya untuk daerah yang berpotensi banjir,” imbau Amran Mahmud, Minggu (29/8/2021)

Amran Mahmud juga berharap kepada seluruh unit penanganan bencana, perangkat daerah terkait, pemerintah kecamatan, desa, dan kelurahan, untuk selalu siaga dan tetap waspada.

Baca Juga : Pasca Libur Idul Fitri, Andi Bataralifu Cek Kehadiran ASN Pemkab Wajo

“Kita berharap agar banjir segera surut dan tentu keinginan kita tidak ada banjir susulan. Tapi sekali lagi, kita tidak boleh lengah sehingga saya minta untuk selalu siaga setiap saat,” tambah Amran Mahmud yang selama dua hari terakhir keliling memantau penanganan banjir.

Sekadar diketahui, tercatat ada ada 63 desa/kelurahan dari 12 kecamatan di Wajo yang dilanda atau terdampak banjir. Ribuan unit rumah terendam, termasuk yang mengalami kerusakan tergolong parah.

Kendati demikian, dibanding sehari sebelumnya, sebagian wilayah ketinggian airnya perlahan menurun. Bahkan di beberapa wilayah, sudah bisa dilewati atau di akses kembali.

Baca Juga : Pejabat Bupati Silaturahmi Calon Bupati Wajo Dalam Momentum Idul Fitri 1445

“Kami tetap siagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) kita serta tetap berkoordinasi dengan tim dari unit penanganan bencana dari OPD lain serta pemerintah kecamatan, desa, dan kelurahan,” ucap Amran.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #banjir wajo