Sabtu, 28 Agustus 2021 22:34

Kepala DLH Wajo: Kebiasaan Buang Sampah Sembarangan Ikut Picu Banjir

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala DLH Wajo: Kebiasaan Buang Sampah Sembarangan Ikut Picu Banjir

Warga diminta berpatisipasi menjaga lingkungan, minimal tidak membuang sampah sembarangan.

RAKYATKU.COM,WAJO - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wajo melakukan pembersihan pohon tumbang dan pengerukan sedimentasi pada drainase yang kerap mengalami penyumbatan akibat sampah dan sisa material.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wajo (DLH) Dr Andi Muh Baso Iqbal, ST MSi, Sabtu (28/8/2021) mengatakan, banjir ikut dipicu sampah yang dibuang bukan pada tempatnya.

Selain sampah rumah tangga, sampah di seputaran pasar juga kerap menutup saluran drainase. Akibat penyumbatan oleh sampah ini, air akhirnya menggenangi ruas jalan apalagi jika intensitas hujan sedang tinggi.

Baca Juga : Pemkab Wajo Terima Bantuan Rp200 Juta dari BNPB untuk Penanganan Banjir

Andi Baso Iqbal kembali berpesan, peran serta lurah, camat dan utamanya masyarakat sangat dibutuhkan. Keberlangsungan lingkungan hidup tidak hanya berada di pundak Dinas Lingkungan Hidup.

Selain itu, Andi Baso Iqbal mengungkapkan, pihaknya saat ini juga melakukan pembersihan pohon tumbang akibat longsor dan saluran drainase yang saat ini tertutup oleh rumput dan ilalang.

"Masyarakat dan pemerintah kelurahan/desa dan kecamatan memiliki peran penting. Minimal dengan kesadaran untuk bersama menjaga lingkungan," tutup Andi Baso Iqbal.

Baca Juga : Kapolres Wajo Serahkan Bantuan Polda Sulsel ke Masyarakat Terdampak Banjir

 

Penulis : Abd Rasyid. MS
#banjir wajo