Sabtu, 28 Agustus 2021 08:56

Capaian Vaksinasi Warga Binaan di Sulsel di Atas 50 Persen

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri kegiatan Vaksin Halal dan Aman di Lapas Kelas 1 Makassar, Jumat (27/8/2021).
Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri kegiatan Vaksin Halal dan Aman di Lapas Kelas 1 Makassar, Jumat (27/8/2021).

Dari 10.500 sekian warga binaan, hari ini sudah hampir 6.000 ribu yang divaksin. Jadi sudah hampir 60 persen.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri kegiatan Vaksin Halal dan Aman di Lapas Kelas 1 Makassar, Jumat (27/8/2021). Sebanyak 700 warga binaan divaksin.

Kegiatan ini juga dihadiri Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto, Kepala KKP Kelas 1 Makassar, Muhammad Haskar Hasan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar, Hernowo Sugiastanto, dan Direktur Poltekes Makassar, Agustian Ipa.

"Ini bagian dari tahapan vaksinasi kepada warga lapas. Bersama Ibu Aliyah dari DPR RI tentu melakukan arrangement (mengatur) bersama Kalapas dan kita di Provinsi Sulsel serta Poltekes. Tentu dengan begini akan mempercepat kebut vaksinasi di Sulsel," kata Andi Sudirman.

Baca Juga : PKK Sulsel Gelar Ramadan Festive 2024

Ia menyebutkan, sejauh ini vaksinasi Sulsel sudah mencapai target 26 persen, dari total target 7 juta sasaran. Andi Sudirman juga memberikan motivasi kepada warga binaan agar dapat bangkit dan menjadi masyarakat yang lebih baik.

"Ada istilah, lebih baik mantan preman dibanding mantan ustaz. Semua orang punya masa lalu, tetapi yang terbaik dari yang terbaik adalah kemudian hijrah dan membuat lembaran terbaru, yang terbaik hari ini dan ke depan," pesannya.

Sementara, Aliyah Mustika Ilham menyatakan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah berkomitmen memberikan hak bagi warga binaan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang sama. Selama dua hari, sebanyak 1.500 warga lapas divaksin.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

"Ini merupakan kerjasama dan kolaborasi yang baik antara KKP dengan Poltekes, Pemprov Sulsel, bagaimana kita mendorong warga di Provinsi Sulsel ini hidup sehat. Semua adalah sehat wargaku, sehat bangsaku dan sehat negeriku untuk Provinsi Sulsel," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto, mengatakan, capaian vaksinasi warga binaan di Sulsel sudah di atas 50 persen.

"Alhamdulillah dari 10.500 sekian warga binaan, hari ini sudah hampir 6.000 ribu yang divaksin. Jadi sudah hampir 60 persen," kata Harun.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

Ia mengungkapkan, dari hampir 6 ribu warga binaan di Sulsel yang sudah divaksin, ada enam Rutan yang capaian vaksinasinya di atas 90 persen. Kebut program vaksinasi warga binaan merupakan salah satu ikhtiar Kemenkumham, dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 di Rutan dan Lapas.

"Program vaksinasi warga binaan terus dikebut di Rutan dan Lapas di Sulsel. Misalnya, hari ini dilakukan vaksinasi warga binaan di Lapas Makassar, Lapas Takalar, dan Lapas Bulukumba. Sehari sebelumnya, juga sudah digelar di Lapas Palopo dan Lapas Watampone," jelas Harun.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel #Plt Gubernur Sulsel