Jumat, 27 Agustus 2021 18:02

Berkat SPLU PLN, Pembuatan Kapal Nelayan di Majene Lebih Cepat dan Efisien

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Proses pembuatan kapal nelayan di Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.
Proses pembuatan kapal nelayan di Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

"Setelah menggunakan SPLU tenaga yang bekerja bertambah jadi 20 orang, karena memproduksi 3 kapal. Waktunya pengerjaannya juga lebih singkat, menjadi 1,5 bulan saja," ungkap Firman, pemilik usaha pembuatan kapal Kube Olang Mesa.

RAKYATKU.COM, MAJENE - PLN menghadirkan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) untuk mendukung UMKM mempercepat proses pembuatan kapal nelayan di Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Kehadiran SPLU diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat dan UMKM.

Firman, pemilik usaha pembuatan kapal Kube Olang Mesa, menceritakan sebelum adanya SPLU, dalam proses pembuatan kapal nelayan biasanya membutuhkan waktu hingga 3 bulan. Menurutnya, dari sisi produksi kapal membutuhkan tenaga 8 orang, dengan waktu produksi hingga 3 bulan.

"Setelah menggunakan SPLU tenaga yang bekerja bertambah jadi 20 orang, karena memproduksi 3 kapal. Waktunya pengerjaannya juga lebih singkat, menjadi 1,5 bulan saja," ungkap Firman, Jumat (27/8/2021).

Baca Juga : Pastikan Kesiapan Petugas Periode Nataru, Manajemen PLN UIW Sulselrabar Kunjungi Posko Siaga

Adapun satu kapal dijual seharga Rp 50 juta sehingga dengan kecepatan yang bertambah, total kapal yang diproduksi juga meningkat.

Setelah merasakan manfaat hadirnya SPLU, Firman berharap keberadaan SPLU juga dikembangkan di kecamatan lainnya, agar bisa membantu mempercepat pengerjaan kapal serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

Majene merupakan satu dari 6 kabupaten yang terletak di pesisir pantai barat Sulawesi Barat yang memanjang dari selatan ke utara. Salah satu potensi ekonomi daerah ialah sentra pembuatan perahu.

Baca Juga : Jelang Nataru, PLN Jaga Keandalan Pasokan Listrik dan Siagakan Petugas

Bupati Majene, Andi Achmad Syukri Tammalele, mengapreasiasi kontribusi PLN dalam membantu ekonomi masyarakat dengan pemasangan SPLU untuk UMKM, kelompok tani hingga pelaku usaha kuliner di Majene.

"Kami berterima kasih kepada PLN yang telah membantu ekonomi masyarakat dengan pemasangan SPLU untuk UMKM, kelompok tani hingga pelaku usaha kuliner di Majene," ujar Achmad.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat, Awaluddin Hafid, mengatakan kehadiran SPLU ini merupakan bentuk komitmen PLN untuk memberikan solusi kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat.

Baca Juga : PLN Kembali Tambah Pasokan Listrik ke PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia 90 MVA

“PLN berharap agar UMKM, pelaku usaha kreatif lainnya serta desa yang ada di Majene yang membutuhkan penerangan PJU Mandiri dapat dilayani dengan SPLU,” ujarnya.

Penulis : Lisa Emilda
#PLN UIW Sulselrabar