Jumat, 27 Agustus 2021 17:02

Kalla-PMI Makassar Gelar Tes Kelayakan Donor Plasma Konvalesen

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kalla yang bekerja sama dengan PMI Kota Makassar menggelar screening atau tes kelayakan melakukan donor plasma di Saoraja Ballroom Wisma Kalla, Rabu (25/8/2021).
Kalla yang bekerja sama dengan PMI Kota Makassar menggelar screening atau tes kelayakan melakukan donor plasma di Saoraja Ballroom Wisma Kalla, Rabu (25/8/2021).

Selain screening calon pendonor plasma konvalesen, Kalla dan PMI Kota Makassar juga menggelar donor darah rutin yang diikuti oleh puluhan Insan Kalla dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kalla terus berupaya mendukung program pemerintah dalam penanganan COVID-19. Selain berkontribusi secara langsung dalam gerakan vaksinasi massal, kini Kalla mengambil peran dalam penyediaan plasma kovalesen atau plasma darah dari pasien yang telah sembuh atau penyintas COVID-19.

Sebagai langkah awal untuk menyediakan plasma konvalesen, Kalla yang bekerja sama dengan PMI Kota Makassar menggelar screening atau tes kelayakan melakukan donor plasma di Saoraja Ballroom Wisma Kalla, Rabu (25/8/2021). Seluruh calon pendonor merupakan Insan Kalla yang tercatat sebanyak 118 orang.

"Kalla senantiasa berperan aktif untuk melakukan langkah-langkah penanganan COVID-19 dengan berbagai pihak. Kali ini kita turut mendukung gerakan penyediaan plasma konvalesen. Ini juga merupakan bagian dari Perjanjian Kerja Sama antara Kalla dan PMI Kota Makassar yang telah ditandatangani pada Juli 2021, di mana kita sepakat untuk meningkatkan donor plasma konvalesen secara bersama-sama," ungkap Subhan Djaya Mappaturung, Ketua Satgas COVID-19 Kalla, dalam keterangan persnya, Jumat (27/8/2021).

Baca Juga : Gelar Toyota Day, Kalla Toyota Catat Transaksi Rp185 Miliar Selama 12 Hari

Kegiatan ini dipantau langsung oleh Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal, atau yang akrab disapa Deng Ical. Selain screening calon pendonor plasma konvalesen, Kalla dan PMI Kota Makassar juga menggelar donor darah rutin yang diikuti oleh puluhan Insan Kalla dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Setelah tes kelayakan donor plasma konvalesen, Insan Kalla selanjutnya diharapkan lolos uji screening laboratorium nantinya karena memang tak mudah menemukan pendonor. Terapi plasma konvalesen menjadi terapi alternatif bagi penyintas COVID-19 yang dapat membuat pasien bisa sembuh lebih cepat berkat antibodi dari plasma yang mereka terima.

 

Adapun syarat pendonor, di antaranya penyintas COVID-19 yang sudah sembuh dan bebas dari keluhan atau gejala subjektif selama 14 hari, berat badan pria minimal 55 kg dan perempuan minimal 60 kg serta belum pernah hamil dan usia 18-60 tahun. Jika memenuhi syarat, Insan Kalla akan mengikuti transfusi plasma konvalesen di Markas PMI Kota Makassar, Jalan Kandea.

Penulis : Lisa Emilda
#Kalla Group #pmi makassar