Senin, 23 Agustus 2021 18:02

Bertahun-tahun Rusak Parah, Warga Selayar Kecewa Jalannya Tak Diperhatikan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kondisi Jalan di Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar.
Kondisi Jalan di Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Jadi kalaupun licin di musim hujan, gelap jika malam karena tidak ada penerangan, aspalnya terkelupas, mau diapa lagi, kita mau lewat mana lagi ke kampung," kata Marling, Kepala Dusun Batu Panynyu.

RAKYATKU.COM, KEPULAUAN SELAYAR - Kondisi jalan rusak, berlubang, dan tanpa penerangan menjadi keluhan yang bertahun-tahun dialami warga yang menghuni Dusun Batu Panynyu, Desa Jambuiya, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Sepanjang kurang lebih dua kilometer jalan yang menghubungkan pusat ekonomi di kota Kabupaten Selayar tak layak dilalui sehingga menghambat akses warga yang hendak menjual hasil buminya.

Kondisi jalan sejak tujuh tahun terakhir, sangat memprihatinkan. Aspal terkelupas dan bebatuan berserakan. Lubang mengangah kerap dijumpai pengguna jalan, tak jarang sebabkan kecelakaan.

Baca Juga : Danlantamal VI Pastikan Dua Benda Ditemukan di Selayar Bukan Rudal

Kepala Dusun Batu Panynyu, Marling, mengaku tiap hari harus melewat jalan rusak. Kekecewaan pun disampaikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Selayar yang tak kunjung melakukan perbaikan.

Segala upaya telah dilakukan, tetapi kini dirinya pasrah karena sudah bertahun-tahun tidak ada perbaikan. "Jadi kalaupun licin di musim hujan, gelap jika malam karena tidak ada penerangan, aspalnya terkelupas, mau diapa lagi, kita mau lewat mana lagi ke kampung," kata Marling, Minggu (23/8/2021), saat ditemui sejumlah wartawan.

Diakuinya, saat kemarau jalan berdebu, sedangkan saat musim hujan kondisi jalan licin dan becek dan berbahaya untuk dilintasi. Ia berharap agar jalanan ini bisa mendapat perhatian pemerintah.

Baca Juga : Amankan Dua Unit Benda Mirip Rudal dari Selayar, Danlantamal VI: Masih Aktif

Marling juga menyampaikan bahwa usulan ke pemerintah kabupaten telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Termasuk pada 2020 lalu kembali diusulkan untuk mendapat perbaikan.

Kondisi jalan di Kabupaten Kepulauan Selayar memang sangat memprihatiankan. Masih terdapat sejumlah jalan yang rusak parah, terutama di Kecamatan Bontomanai.

Padahal di wilayah ini memiliki banyak potensi yang bisa menguntungkan bagi daerah, di antaranya potensi wisata dan potensi pertanian.

Baca Juga : Respons Cepat, Dompet Dhuafa Sulsel Kirim Tim Salurkan Bantuan ke Selayar

 

Penulis : Rahmatullah
#Kabupaten Kepulauan Selayar #Jalanan Rusak