Kamis, 19 Agustus 2021 23:02

FKIP Unismuh Tambah Guru Besar, Dekan: Alhamdulillah, Kado untuk Merah Putih

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Erwin Akib.
Erwin Akib.

“Alhamdulillah, ini kado untuk merah putih. Dalam 5 tahun terakhir, FKIP Unismuh telah menambah 3 orang guru besar, 5 prodi teakreditasi A, dan 1 prodi S2, yaitu Magister Pendidikan Sosiologi,” kata Erwin Akib, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Erwin Akib, menyampaikan selamat atas terbitnya surat keputusan (SK) guru besar Nursalam. Wakil Dekan III FKIP Unismuh tersebut ditetapkan sebagai Guru Besar Ilmu Pendidikan Sosiologi.

“Selamat untuk Pak Nursalam. Saya berharap teman-teman yang lain juga segera mengurus berkas untuk guru besar. Alhamdulillah, sudah ada beberapa dosen FKIP yang sudah Lektor Kepala. Semoga bisa segera menyusul secepatnya,” ungkap Erwin di kampus Unismuh Makassar, Kamis sore (19/8/2021).

SK Guru Besar tersebut, lanjut Erwin, melengkapi kado untuk merah putih dari FKIP Unismuh Makassar pada momen peringatan HUT ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga : Bupati Wajo Bawakan Kuliah Umum Program Pascasarjana Unismuh Makassar Secara Virtual

“Alhamdulillah, ini kado untuk merah putih. Dalam 5 tahun terakhir, FKIP Unismuh telah menambah 3 orang guru besar, 5 prodi teakreditasi A, dan 1 prodi S2, yaitu Magister Pendidikan Sosiologi,” tambah Erwin.

Saat ini FKIP Unismuh telah memiliki guru besar genap empat orang, yaitu Irwan Akib, Eliza Meiyani, Andi Tenri Ampa, dan Nursalam. Sedangkan Prodi yang terakreditasi A, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Sosiologi, Teknologi Pendidikan, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

 

Meski menunjukkan berbagai capaian di bidang akademik, Erwin tetap mengingatkan jajarannya agar tetap menginternalisasikan spirit “empowering minds into humanity” dan “gerakan ta’awun untuk negeri”.

Baca Juga : Ultah Ke-22 Pahala, Erwin Akib Harap Jadi Contoh Terbaik UKM di Unismuh Makassar

“Mungkin berbagai gerakan sosial kemanusiaan yang kita lakukan saat ini belum menunjukkan hasil saat ini. Tapi, dalam beberapa tahun kedepan, gerakan ini akan menjadi genre baru dalam pengembangan Pendidikan tinggi, yang menyatukan etos keilmuan dan kemanusiaan dalam satu tarikan nafas,” kata Erwin.

Sponsored by MGID

Profil Nursalam
Nursalam mendapatkan kenaikan jabatan akademik fungsional dosen sebagai profesor/guru besar berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan nomor: 53298/MPK.A/KP.05.01/2021.

Penetapan guru besar Nursalam ditandatangani Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim pada 5 Agustus 2021.

Baca Juga : Erwin Akib 5 Tahun Pimpin FKIP Unismuh Makassar, 5 Prodi Raih Akreditasi A

Nursalam lahir di Enrekang, 9 Februari 1960, menyandang gelar profesor bidang Ilmu Pendidikan Sosiologi, terhitung sejak 1 Agustus 2021. Ia menyelesaikan pendidikan S3 di Program Doktor Ilmu Sosiologi Universitas Negeri Makassar pada 2013.

Wakil Dekan III FKIP Unismuh ini juga telah menerima Satyalancana Karya Satya 30 tahun dari Presiden Republik Indonesia pada 2018. Puluhan karya tulis imiah telah dihasilkannya, baik dalam bentuk buku, dan artikel ilmiah pada jurnal nasional maupun internasional.

Sebelum menjadi WD III, Nursalam menjabat sebagai Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar sejak prodi tersebut berdiri pada 2006.

Sponsored by advertnative
 
#Unismuh Makassar #FKIP Unismuh