Rabu, 18 Agustus 2021 10:03

Gawat! WHO Temukan Vaksin AstraZeneca Palsu, Sudah Masuk Indonesia?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Vaksin diketahui palsu karena ada ketidaksesuaian label, mulai dari tanggal kedaluwarsa sampai kandungan isinya.

RAKYATKU.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO" href="https://rakyatku.com/tag/who">WHO) memperingatkan bahwa ditemukan vaksin palsu" href="https://rakyatku.com/tag/vaksin-palsu">vaksin COVID-19 AstraZeneca palsu di wilayah Asia Tenggara dan Afrika. Otoritas di tiap negara diminta memperketat pengawasan distribusi vaksin.

Dalam keterangan yang diunggah WHO, Senin (16/8/2021), ditemukan dua kasus vaksin AstraZeneca palsu di India dan Uganda. Vaksin diketahui palsu karena ada ketidaksesuaian label, mulai dari tanggal kedaluwarsa sampai kandungan isinya.

"Produsen asli vaksin COVISHIELD (Serum Institute of India) telah mengonfirmasi produk yang disebut dalam keterangan ini telah dipalsukan," tulis WHO seperti dikutip dari situs resminya pada Rabu(18/8/2021).

Baca Juga : WHO Akhiri Status Darurat Kesehatan Global Covid-19

"Vaksin COVID-19 palsu sangat berisiko serius mencederai kesehatan global dan membebani populasi serta sistem kesehatan. Penting untuk segera mendeteksi dan mengeluarkan produk vaksin palsu dari peredaran demi melindungi pasien," lanjut WHO.

WHO mengatakan agar orang-orang memperoleh vaksin COVID-19 dari jalur resmi yang sudah ditentukan. Ada baiknya juga selalu mengecek keaslian dan kondisi fisik vaksin.

"Otoritas kesehatan disarankan segera menghubungi WHO bila menemukan produk palsu ini di negaranya," demikian WHO.

#Vaksin Palsu #WHO #Vaksin AstraZeneca