Sabtu, 14 Agustus 2021 23:01

Memperingati Hari Pramuka 60, Kwarcab Wajo Gelar Kegiatan Bakti Sosial

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Memperingati Hari Pramuka 60, Kwarcab Wajo Gelar Kegiatan Bakti Sosial

Bupati Wajo Amran Mahmud batal mendonorkan darahnya atas saran dokter.

RAKYATKU.COM,WAJO - Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-60, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Wajo menggelar kegiatan bakti sosial donor darah yang berlangsung di kantor PMI Wajo, Sabtu (14/8/2021).

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 pagi ini dihadiri Bupati Wajo, Amran Mahmud dan diikuti pengurus dan anggota Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Wajo.

"Aksi ini merupakan salah satu cara kami Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo untuk memperingati Hari Pramuka ke-60 untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini. Apalagi stok darah di PMI kadang habis sementara permintaan kebutuhan akan darah juga tidak pernah menurun,” ujar ketua PMI Kabupaten Wajo ini.

Baca Juga : Dua Jam di Wajo, Amran Mahmud Sampaikan Terima Kasih untuk Wapres Berkenan Buka Muktamar As'adiyah

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Wajo ini juga menjelaskan, kegiatan donor darah merupakan kegiatan aksi kemanusiaan dari Gerakan Pramuka Wajo kepada masyarakat yang membutuhkan darah. Karena banyak masyarakat yang cenderung tidak berani mendonorkan darahnya di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

"Jangan takut donor darah, siapa tahu setetes darah kita bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Dengan niat tulus, insya Allah akan mendapatkan balasan yang lebih baik dari Allah subhanahu wa ta'ala," ajak Amran.

 

Dirinya juga menuturkan bahwa sebenarnya dirinya ingin sekali untuk mendonorkan darahnya, namun karena tidak memenuhi syarat untuk mendonor jadi niatnya itu ditunda untuk sementara.

Baca Juga : Wajo Bangga Miliki As’adiyah, Wapres Puji Peran dan Kontribusinya di Indonesia

"Saya pun rencana ikut untuk donor darah hari ini, namun tadi malam sewaktu saya konsultasi dengan dokter, saya disarankan untuk tidak mendonorkan darah dahulu. Apalagi juga tadi malam padat kegiatan, meskipun memang setiap malam selalu 'mengurangi jatah tidur' menerima tamu dan silaturahim masyarakat ataupun menghadiri kegiatan. Mari senantiasa membantu dalam kemanusiaan," tuturnya.

Sponsored by MGID

Amran menambahkan, dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-60 berbagai kegiatan akan dilakukan. Seperti tadi malam renungan ulang janji, pagi ini donor darah dan ziarah kubur anggota Pramuka dan puncaknya tanggal
19 Agustus mendatang akan dilaksanakan apel besar.

Ketua Harian PMI Wajo, Sudirman Meru mengapresiasi aksi donor darah Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Wajo. Anggota DPRD Wajo itu berharap aksi-aksi Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Wajo bisa menjadi edukasi bagi masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

Baca Juga : Bupati Wajo Jemput Wapres Ma'ruf Amin di Stadion Andi Ninnong Menuju Lokasi Muktamar As'adiyah XV

"Dalam proses donor, kita tetap mengacu pada protokol kesehatan dan semua hasil donor akan diseleksi secara ketat sebelum diberikan kepada yang membutuhkan," ujarnya.

Usai memantau pelaksanaan donor darah, aktivitas di hari libur sekaligus Hari Pramuka orang nomor satu di Wajo ini masih berlanjut. Dengan masih mengenakan seragam pramuka, Amran Mahmud melanjutkan untuk menyampaikan ucapan duka cita, melayat sekaligus mendoakan dua orang warganya yang meninggal dunia hari ini, yaitu di Kecamatan Tempe dan Kecamatan Pammana. Memang, dari dulu, ketua DPD PAN Wajo ini dikenal peduli dan memiliki rasa empati yang tinggi.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Hari Pramuka