Sabtu, 14 Agustus 2021 13:19

Pandemi COVID-19, HUT Kemerdekaan RI di Sidrap Digelar Sederhana

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rapat pemantapan menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Ruang Sekda Sidrap, Jumat (13/8/2021).
Rapat pemantapan menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Ruang Sekda Sidrap, Jumat (13/8/2021).

Di masa pandemi COVID-19 ini, upacara HUT ke-76 kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Sidrap akan dilaksanakan sesederhana mungkin, tetapi tetap khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kabupaten pemkab sidrap" href="https://rakyatku.com/tag/pemkab-sidrap">(Pemkab) Sidrap menggelar rapat pemantapan di Ruang Sekda Sidrap, Jumat (13/8/2021).

Rapat dipimpin Sekda Sidrap, Sudirman Bungi, didampingi ketua panitia HUT ke-76 RI tingkat Kabupaten Sidrap, Indah Said Roem, dan sekertaris panitia, Supratman.

Acara dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra, A. Faisal Burhanuddin, Inspektur Kabupaten, Rohady Ramadhan, Sekretaris Satpol PP, Andi Syaifullah, Kabid Humas Kominfo, Anwar D. Nurdin, serta Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub, Arif Sirajuddin.

Baca Juga : Sekda Sidrap Basra Bakal Dilantik Jadi Pj Bupati Akhir Pekan Ini

Rapat turut dihadiri perwakilan Kodim 1420 dan Polres Sidrap, Dinas Kesehatan, BPJamsostek, serta undangan lainnya.

Sudirman Bungi mengatakan, di masa pandemi COVID-19 ini, upacara HUT ke-76 kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Sidrap akan dilaksanakan sesederhana mungkin, tetapi tetap khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun 2021 tingkat Kabupaten Sidrap dilaksanakan di halaman upacara Kantor Bupati Sidrap, dengan tetap menyesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19 dan mengutamakan penerapan protokol kesehatan," ujarnya.

Baca Juga : Bapenda Sidrap Bimbing Pelaku Usaha Terapkan QRIS

Dalam pelaksanaan upacara nantinya, kata Sudirman, peserta upacara akan dibatasi masing-masing satu regu (10 orang) baik TNI-Polri dan Satpol PP ditambah ASN serta siswa-siswi SMU.

Disebutkan pula, panitia juga akan menerapkan protokol kesehatan. Untuk pasukan pengibar bendera (Paskibra), pelatih maupun pendamping, sebelum memasuki karantina, mereka terlebih dahulu akan melalui rapid test.

Ditambahkan Sudirman, untuk pengukuhan Paskibra akan dilakukan di Rujab Bupati Sidrap, Senin (16/8/2021) sore. Dilanjutkan renungan suci pada malam hari di TMP Puncak Mario di mana yang bertindak sebagai Irup adalah Dandim 1420 Sidrap.

Baca Juga : Soft Launching Aplikasi SiPeNGaja, Inovasi Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Sidrap

Sementara pada upacara peringatan HUT ke-76 RI selaku Irup adalah Bupati Sidrap dan pembacaan naskah proklamasi akan dibacakan oleh Ketua DPRD Sidrap.

Adapun sebagai perwira pada pengibaran dari Kodim 1420 Sidrap sementara untuk upacara penurunan sebagai Irup Wakil Bupati dan perwira upacara dari Polres Sidrap.

Usai upacara pengibaran bendera, sesuai jadwal Bupati dan Wakil Bupati Sidrap beserta Forkopimda akan mengikuti upacara secara virtual di ruang kerja bupati. Ada juga penyerahan santunan dari BPJamsostek, penyerahan remisi di Rutan Sidrap, dan upacara penurunan bendera pada sore hari.

Baca Juga : Hadiri Apel Besar Akhir Masa Jabatan Gubernur Sulsel, Bupati Sidrap Apresiasi Dedikasi Andi Sudirman Sulaiman

"Sementara untuk di tingkat kecamatan tetap mengikuti upacara di kecamatan masing-masing," ungkap Sudirman.

Ia juga mengharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam kepanitiaan dapat bersinergi supaya seluruh rangkaian kegiatan dapat berlangsung dengan sukses dan lancar.

“Saya berharap kepada kita semua agar segala hal benar-benar dipersiapkan sehingga pelaksanaanya dapat berjalan dengan lancar tampa hambatan," harap Sudirman.

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab sidrap #HUT Ke-76 Kemerdekaan Indonesia