Jumat, 13 Agustus 2021 16:07

Penumpang Kapal Gunakan Kartu Vaksin Palsu, Sekda Parepare Ancam ASN dan Non-ASN

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penumpang Kapal Gunakan Kartu Vaksin Palsu, Sekda Parepare Ancam ASN dan Non-ASN

Pemeriksaan kartu vaksin kini lebih ketat di Parepare. Selain diminta menunjukkan kartu, juga diminta menunjukkan bekas suntikan.

RAKYATKU.COM,PAREPARE -- Pemerintah Kota Parepare terus melakukan pengawasan ketat terhadap setiap ASN berkewenangan utamanya pada Dinas Kesehatan hingga puskesmas seiring dengan adanya temuan kartu vaksin palsu yang digunakan oleh calon penumpang kapal laut di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare beberapa waktu lalu.

Pemalsuan kartu vaksin sebelumnya diungkap Polsek Kawasan Pelabuhan Nusantara yang digunakan calon penumpang asal Kabupaten Wajo dan Kabupaten Bone. Pelakunya disinyalir adalah tenaga puskesmas di masing-masing daerah tersebut.

"Bila ditemukan ada ASN atau non ASN yang mengeluarkan kartu vaksin yang tidak semestinya diberikan, maka disamping memperoleh sanksi kepegawaian juga akan dilaporkan kepada aparat penegak hukum," ancam Sekretaris Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad, Jumat(12/8/2021).

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar Wilker Parepare, Nurhayati mengaku pihaknya menerapkan pemeriksaan secara ketat terhadap kartu vaksin calon penumpang kapal yang menjadi salah satu syarat perjalanan.

"Selain memeriksa secara detail, kartu vaksin mereka, kita juga melakukan wawancara langsung terhadap si pemegang kartu vaksin termasuk menanyakan bagian mana yang pernah disuntik," terangnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #Kartu Vaksin