Selasa, 10 Agustus 2021 15:19

Dukung Pengembangan UMKM, PT Vale Tuai Apresiasi Bupati Lutim

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PT Vale Indonesia memiliki komitmen tinggi mendorong pertumbuhan UMKM per tahunnya sebanyak 100 UMKM baru.
PT Vale Indonesia memiliki komitmen tinggi mendorong pertumbuhan UMKM per tahunnya sebanyak 100 UMKM baru.

UMKM yang dibina segmentasinya berbeda-beda, mulai dari produk makanan ringan, minuman herbal, beras organik, hingga handycraft.

RAKYATKU.COM, LUWU TIMUR - Komitmen PT Vale Indonesia Tbk dalam memberikan dukungan pada pengembangan potensi lokal di Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Sulawesi Selatan, mendapat apresiasi dari Bupati Lutim, Budiman.

Apresiasi tersebut disampaikannya di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Lutim, di Malili, Senin (9/8/2021), saat bertemu CEO PT Vale Indonesia, Febriany Eddy.

"Saya sangat kagum dengan pola pembinaan yang dilakukan PT Vale ke UMKM di Luwu Timur, Pemkab siap mendukung pemasarannya," kata Budiman.

Baca Juga : Satu Tahun Perjuangan Gubernur Andalan Alihkan Bandara Sorowako Jadi Milik Pemprov Sulsel

Sebagai wujud apresiasinya tersebut, Pemkab Lutim memfasilitasi spot display pemasaran di kantin PKK.

Sementara itu, Senior Manager Social Development Program (SDP) PT Vale Indonesia Tbk, Ardian Indra Putra, menjelaskan bahwa per kuartal I tahun 2021 total UMKM yang dibina sebanyak 584 UMKM.

 

UMKM yang dibina segmentasinya berbeda-beda, mulai dari produk makanan ringan, minuman herbal, beras organik, hingga handycraft.

Baca Juga : PT Vale Serahkan Bandara Sorowako ke Pemprov, Pemuda Sulsel Apresiasi Capaian Andi Sudirman

“Saat ini dari sebanyak 584 UMKM yang dibina terdiri dari UMKM pemula atau baru 534, UMKM menuju mandiri sebanyak 46 dan sebanyak empat UMKM telah mandiri,” jelasnya.

Sponsored by MGID

Dia menyebutkan, jika perseroan memiliki komitmen tinggi mendorong pertumbuhan UMKM per tahunnya sebanyak 100 UMKM baru.

Ardian menyebutkan, jika indikator keberhasilan UMKM yang dibina PT Vale Indonesia merujuk pada tujuh masalah krusial UMKM, yakni modal, inovasi, distribusi, pemasaran, branding dan perizinan, manajemen waktu, dan pembukuan usaha.

Baca Juga : Gubernur Sulsel: PT Vale Bisa Jadi Contoh Sistem Pertambangan Nasional

“Pola pembinaan yang diterapkan dengan menerjunkan pendamping lapangan, pelatihan, fasilitasi perizinan, dan akses pembiayaan, serta promosi pemasaran produk,” sebutnya.

Saat ini PT Vale Indonesia juga memaksimalkan kehadiran Gallery UMKM untuk membantu mengkonsolidasikan semua produk UMKM untuk dipasarkan satu pintu. Apalagi, Gallery UMKM ini telah bermitra dengan hotel di Kota Makassar dan koperasi karyawan vale.

“Pola pemasarannya tidak saja melalui Gallery UMKM, tapi juga melalui pemasaran yang tetap dilakukan per pelaku UMKM," ucapnya.

#PT Vale Indonesia #umkm