Senin, 09 Agustus 2021 19:29

Payung Hukum Penanganan Covid-19 di Barru Mulai Dirancang

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Payung Hukum Penanganan Covid-19 di Barru Mulai Dirancang

Percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Barru membutuhkan peran aktif dari seluruh pihak termasuk peran serta masyarakat dengan cara mematuhi protokol kesehatan.

RAKYATKU.COM,BARRU - Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang penanganan Covid-19 di Barru mulai disusun. Ranperda ini akan menjadi payung hukum terhadap setiap pelaksanan penanganan Covid-19.

Ranperda ini diserahkan dalam rapat paripurna tingkat I DPRD Kabupaten Barru dalam rangka penyerahan, pemandangan umum fraksi, dan pembahasan terhadap rancangan peraturan daerah tentang penanganan Covid-19 di ruang paripurna DPRD Barru, Senin (9/8/2021).

Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ditetapkan Presiden Republik Indonesia sebagai pandemi dan dinyatakan sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19 yang merupakan penyakit akibat infeksi virus corona yang saat ini telah menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Baca Juga : Bupati Barru Gelar Buka Puasa untuk Mengenang Almarhumah Hasnah Syam

Pemerintah Kabupaten Barru termasuk daerah yang merasakan dampak yang ditimbulkan dari penyebaran Covid-19, memiliki letak geografis dan posisi geostrategis sebagai jalur lintas nasional, setiap kendaraan umum lintas provinsi yang melalui Kabupaten Barru dapat menjadi tempat singgah atau tempat istirahat. Kabupaten Barru juga memiliki dua pelabuhan sehingga menjadi rawan terdampak penularan Covid-19.

Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan, Kabupaten Barru telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19. Salah satunya dengan membentuk Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sesuai dengan pasal 3 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19.

Lanjut Bupati, Satgas Covid-19 telah mengeluarkan surat edaran serta kebijakan-kebijakan lain mengenai pencegahan dan penularan Covid-19. Namun, upaya tersebut masih dianggap belum cukup efektif untuk menghindari dampak penyebaran Covid-19 di Kabupaten Barru.

Baca Juga : Bupati Barru Berikan Penghargaan dan Insentif kepada Petugas Kebersihan

Percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Barru membutuhkan peran aktif dari seluruh pihak termasuk peran serta masyarakat dengan cara mematuhi protokol kesehatan.

Peraturan daerah (perda) dianggap sebagai jenis peraturan perundang-undangan di daerah yang paling representatif untuk mengintegrasikan ketentuan-ketentuan yang memuat pelibatan masyarakat secara langsung.

Peraturan mengenai penanganan Covid-19 di Kabupaten Barru perlu mengatur ketentuan pidana sebagai instrumen bagi petugas dan kejaksaan dalam melakukan tindakan terhadap oknum yang menghalangi upaya percepatan penanganan Covid-19 di Kabuapten Barru.

Baca Juga : Pemkab Barru Serahkan Laporan Keuangan 2023 ke BPK

Dalam tatanan hukum nasional, ketentuan pidana hanya dapat diatur dalam peraturan perundang-undangan yang bersifat bilateral dan dalam hierarki perundang-undangan yang dapat memuat ketentuan pidana yaitu undang-undang dan peraturan daerah.

"Semoga penyerahan Ranperda Penanganan Covid-19 ini, di beri kemudahan dan kelancaran untuk menghasilkan peraturan daerah yang dapat diaplikasikan, agar dapat dijadikan bahan pembahasan sampai dengan paripurna tingkat II, sehingga Kabupten Barru memiliki landasan hukum untuk mewujudkan Kabupaten Barru yang lebih sehat dan bebas dari pandemi Covid-19," kata Suardi Saleh.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru