Senin, 09 Agustus 2021 17:16

Jelang Usia Ke-12, Tokopedia Makin Gencarkan Inisiatif Hyperlocal

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Virtual media breafing bersama Tokopedia, Senin (9/8/2021).
Virtual media breafing bersama Tokopedia, Senin (9/8/2021).

Tokopedia telah menghadirkan inisiatif hyperlocal sejak pertengahan 2020 lalu. Inisiatif ini telah mendorong peningkatan transaksi di Tokopedia selama kuartal II 2021 dibanding kuartal II 2020.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tokopedia" href="https://rakyatku.com/tag/tokopedia">Tokopedia sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia yang berdiri sejak 17 Agustus 2009, konsisten membantu jutaan penjual di platformnya--yang hampir 100 persen UMKM lokal--menciptakan peluang lewat teknologi selama hampir 12 tahun.

"Demi mewujudkan misi besar pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, Tokopedia telah menghadirkan inisiatif hyperlocal sejak pertengahan 2020 lalu. Tujuannya, agar seluruh masyarakat punya kesempatan sama dalam menemukan berbagai produk kebutuhan dengan mudah hingga menciptakan peluang usaha, bahkan di tengah pandemi," kata Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Yanuar Rakhmad, dalam virtual media breafing, Senin (9/8/2021).

Inisiatif tersebut telah mendorong peningkatan transaksi di Tokopedia selama kuartal II 2021 dibanding kuartal II 2020. Di Denpasar misalnya, kategori fesyen ibu dan anak, kesehatan dan perawatan diri, makanan dan minuman, serta kecantikan menjadi yang paling laris.

Baca Juga : Lantik UMKM Squad, Sofha Marwah Bahtiar Minta Perbanyak Promosi di Sosial Media

Sementara kategori makanan dan minuman, fesyen, kesehatan dan perawatan diri, otomotif serta handphone dan gawai merupakan kategori dengan pertumbuhan paling pesat di Makassar.

Lalu, di Balikpapan, kategori fesyen ibu dan anak, kesehatan dan perawatan diri, serta makanan dan minuman mengalami peningkatan penjualan signifikan.

Digitalisasi UMKM Lokal
Salah satu wujud inisiatif Hyperlocal Tokopedia adalah kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP). Pemilik Mulia Beras, Andi Kasma, telah merasakan dampak positif setelah mengikuti kampanye KTP Makassar,
“Penjualan saya naik hingga dua kali lipat dengan kenaikan omzet sebesar 40 persen," kata Andi Kasma.

Baca Juga : Begini Kata Kepala OJK Sulselbar Darwisman tentang Pengelolaan Keuangan UMKM

Pemilik Sambal Raja Roa, Imam Masyhuda, dari Balikpapan juga mengungkapkan hal serupa. “Omzet saya melonjak hingga tiga kali lipat setelah mengikuti program KTP di Tokopedia," akunya.

Tokopedia bersama pemerintah pusat dan daerah juga telah menghadirkan inisiatif digitalisasi pasar.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan menyatakan, “Tokopedia membantu para pedagang pasar tradisional di berbagai daerah, mulai dari Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Kabupaten Bandung hingga Tasikmalaya, untuk beradaptasi dan mengembangkan usaha terutama di tengah pandemi, dengan memanfaatkan teknologi.”

Baca Juga : Berdayakan Puluhan Ribu UMKM, IDE by Indosat Business Optimalkan Platform Digital

Hyperlocal Permudah Masyarakat
TokoMart menjadi salah satu bentuk inisiatif hyperlocal yang sudah tersedia di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Medan hingga Surabaya dan akan hadir di berbagai kota lainnya.

Mengusung teknologi geo-tagging, TokoMart membantu masyarakat mengakses beragam produk kebutuhan pokok dari penjual terdekat sehingga lebih efisien.

Ada juga kampanye Home Living SALEbration yang mempermudah masyarakat dari berbagai kota, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Makassar, Palembang, Surabaya, Semarang dan kota-kota lainnya, mendapatkan kebutuhan rumah tangga dari pegiat usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal terdekat.

Baca Juga : UMKM Asal Gowa Jadi Pemenang Pangan Award 2023

Pemilik usaha Léollé Bali, Jimmy Aman, salah satu contoh UMKM yang mengikuti kampanye Home Living SALEbration, mengungkapkan Tokopedia menjadi harapan baru bagi bisnis kerajinan Bali yang hampir bangkrut akibat pandemi.

“Gerai offline saya di empat lokasi terpaksa tutup, bahkan puluhan karyawan saya terpaksa dirumahkan. Sejak fokus berjualan daring di Tokopedia, omzet perlahan naik hingga 70 persen dari omzet sebelum masa pandemi dan bahkan sudah kembali merekrut karyawan,” terang Jimmy Aman.

Tokopedia di sisi lain menjalin kerja sama dengan Kementerian Keuangan dan pemerintah daerah untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakan dengan mudah.

#tokopedia #umkm