Senin, 09 Agustus 2021 18:37

Nakes di Kabupaten Gowa Mulai Disuntik Vaksin Dosis Ketiga

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Nakes di Kabupaten Gowa Mulai Disuntik Vaksin Dosis Ketiga

Vaksin dosis ketiga ini untuk meningkatkan antibodi para nakes di Kabupaten Gowa.

GOWA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mulai melakukan vaksinasi booster atau dosis ketiga untuk para tenaga kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Senin (9/8).

"Hari ini kita mulai melakukan vaksin Booster untuk para tenaga kesehatan kita yang jumlahnya tenaga kesehatan kita 2000 lebih," kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi.

Orang nomor satu di Gowa ini menjelaskan bahwa pemberian vaksin ketiga ini untuk meningkatkan antibodi para nakes di Kabupaten Gowa. Pemberian vaksin ini akan dilakukan secara bertahap yaitu para nakes dengan terlebih dahulu diberikan kepada tenaga kesehatan di wilayah dataran rendah.

Baca Juga : PMI Sulsel Salurkan Berbagai Bantuan Kemanusiaan ke Pemkab Luwu

"Kita baru mendapatkan dosis sekitar 1.316 dosis, secara total ada 2000 lebih nakes yang akan kita vaksin. Oleh karena itu, kita juga melakukannya secara bertahap. Ini kita mulai dari RS Syekh Yusuf, kemudian mengikuti seluruh Puskesmas terdekat," ungkapnya.

Lanjut Adnan, nakes kecamatan-kecamatan yang ada di dataran rendah ini diprioritaskan karena merupakan daerah dengan tingkat kasus Covid-19 yang cukup tinggi. Olehnya itu, dirinya berharap dengan vaksinasi ketiga ini para nakes akan lebih terlindungi dari penularan Covid-19.

"Sesuai dari Instruksi Bapak Presiden RI, didahulukan wilayah-wilayah yang memang masuk kategori zona merah dan juga hitam. Maka kita prioritaskan kepada kecamatan-kecamatan yang boleh dikatakan zona merah untuk nakesnya menjadi prioritas utama. Karena ini bersentuhan langsung dengan masyarakat yang mungkin saja terkonfirmasi Covid-19," lanjutnya.

Baca Juga : Gowa Raih Kabupaten Terbaik III Nasional PPD Tahun 2024

Adnan menambahkan saat Pemkab Gowa terus melakukan vaksinasi dalam rangka mendukung pemerintah pusat untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd imunity. Pihaknya juga menggandeng sejumlah pihak untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Gowa.

"Saat ini masyarakat Gowa sekitar 70 ribu sudah divaksin dosis pertama dan dosis kedua sekitar 40 ribu sudah divaksin. Bagi kami percepatan daripada vaksinasi itu juga tergantung dari stok vaksin," ungkapnya.

Olehnya itu, dirinya berharap kedepan ketersediaan stok Vaksin Covid-19 tetap terjaga di wilayah Kabupaten Gowa, sehingga kegiatan vaksinasi di Kabupaten Gowa juga tetap berjalan dengan baik.

Baca Juga : PMI Turunkan Bantuan Hingga Relawan Bantu Evakuasi Warga Korban Banjir dan Longsor di Sulsel

"Jadi kalau vaksin Covid-19 selalu terjaga dengan baik, kami bisa melakukan vaksinasi massal setiap harinya. Dan kita memang konsisten melakukan vaksinasi massal di dau kecamatan setiap hari dengan target per kecamatan itu 1000 dosis vaksin," tambahnya.

#Pemkab Gowa