Minggu, 08 Agustus 2021 15:28

Lawannya dari Iran Ditandu Keluar Matras, Karateka Arab Saudi Heran Wasit Putuskan Dapat Medali Perak

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tarek Hamdi dari Arab Saudi (kiri) dan lawannya asal Iran, Sajad Ganjzadeh. (Foto: AFP)
Tarek Hamdi dari Arab Saudi (kiri) dan lawannya asal Iran, Sajad Ganjzadeh. (Foto: AFP)

Saat pemain Iran itu dibawa dengan tandu, Hamdi mulai merayakan kemenangannya. Eh, wasit asal Turki justru mendiskualifikasi Saudi dan menyatakan Ganjzadeh sebagai pemenang.

RAKYATKU.COM -- Tarek Hamdi mengakhiri pertandingan final karate dengan tendangan maut. Lawannya asal Iran, Sajad Ganjzadeh terjatuh tak bisa bangun lagi.

Sajad Ganjzadeh akhirnya ditandu keluar matras. Segera mendapat pertolongan kesehatan. Fans Arab Saudi bergembira. Artinya, medali emas dalam genggaman.

Namun, keputusan wasit sangat mengejutkan pada Sabtu (7/8/2021). Wasit justru menyatakan Ganjzadeh yang berhak mendapatkan medali emas Olimpiade Tokyo karena menganggap Tarek Hamdi melakukan tendangan tak terkendali.

Baca Juga : Digigit Wali Kota, Medali Emas Atlet Ini Akan Digantikan Komite Olimpiade Internasional

Padahal, Hamdi yang berusia 23 tahun sudah unggul 4-1 sebelum menjatuhkan lawannya. Sebuah tendangan tinggi yang sempurna membuat karateka Iran jatuh dan tak mampu bangkit lagi.

Saat pemain Iran itu dibawa dengan tandu, Hamdi mulai merayakan kemenangannya. Eh, wasit asal Turki justru mendiskualifikasi Saudi dan menyatakan Ganjzadeh sebagai pemenang.

 

Fans Hamdi bingung dan marah. "Kenapa bisa?" kata salah satu di antaranya. "Apakah pesepak bola diberi kartu merah hanya karena menendang bola terlalu keras?"

Baca Juga : Pegadaian Apresiasi Peraih Medali Olimpiade Tokyo dengan 3 Kilogram Tabungan Emas

Walau kecewa keputusan wasit, fans Hamdi tetap merasa bangga. "Bagaimana saya tidak merasa bangga dengan sang juara ketika saya melihat orang Iran tergeletak di lantai dan pahlawan Saudi berdiri seperti gunung," cuit pemilik akun Twitter, @bg_alasraj.

Sponsored by MGID

"Di mata siapa pun yang tidak memihak, Tarek Hamdi adalah peraih medali emas," imbuh pemilik akun @999saudsalman.

Seorang pengguna menggambarkan Ganjzadeh sebagai "peraih medali emas yang tidak sadarkan diri". Ada juga meme beredar yang menunjukkan karateka Iran itu terbaring koma di podium juara.

Baca Juga : Rahmat Erwin Abdullah Mendadak Jadi Miliarder, Danny Video Call Janji Ketemuan Sepulang dari Jepang

Ganjzadeh secara ajaib pulih sebelum upacara penyerahan medali. Dia tampak berjalan menuju podium tanpa bantuan untuk menerima medali emasnya.

"Saya sedih bahwa saya harus memenangkannya seperti ini," tutur Ganjzadeh usai menerima medali emas.

 

Sponsored by advertnative
 
#Olimpiade Tokyo 2020