Senin, 02 Agustus 2021 13:19

Pemkot Parepare Galakkan Program Tokita

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkot Parepare Galakkan Program Tokita

Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Ketahanan Pangan menunjang ketersediaan tanaman obat-obatan tradisional yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota pemkot parepare" href="https://rakyatku.com/tag/pemkot-parepare">(Pemkot) Parepare terus meningkatkan dan mengembangkan inovasi tanaman pangan yang dapat difungsikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, utamanya di masa pandemi.

Kali ini, melalui inovasi Tokita (Tanaman Obat Sekitar Kita), Pemkot Parepare melalui Dinas Ketahanan Pangan menunjang ketersediaan tanaman obat-obatan tradisional yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

"Inovasi Tokita atau Tanaman Obat di Sekitar Kita kembangkan. Hubungannya dengan masalah pandemi saat ini karena kita ketahui juga bahwa dengan tanaman obat itu adalah upaya untuk meningkatkan imun pada masyarakat karena ini merupakan obat-obat terapi tradisional yang manjur untuk ditingkatkan penanamannya," ujar Muhammad Nur, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Parepare.

Baca Juga : Hadiri Musrenbang, Kaharuddin Kadir Serahkan Pokir DPRD Parepare

Bibit Tokita yang dikembangkan ini, kata dia, akan ditanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah warga sehingga pekarangan rumah berfungsi dengan baik dalam menanam tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat dan menghasilkan.

Selain memanfaatkan pekarangan warga, Dinas Ketahanan Pangan juga merencanakan untuk melakukan penanaman di pekarangan sekolah-sekolah. "Namun, untuk sementara kita utamakan masyarakat umum dulu," ucapnya.

Adapun jenis tanaman obat yang disiapkan secara gratis tersebut, tanaman jahe, kunyit, lengkuas, sereh, dan kunyit putih.

Baca Juga : Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kota, Akbar Ali Tekankan Keterlibatan Masyarakat

Di beberapa kesempatan, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, berpesan agar perang dinasterus berinovasi, terlebih di masa pandemi. "Jangan pernah berhenti berinovasi demi kesejahteraan masyarakat. Karena pemulihan ekonomi yang saya canangkan tahun ini merupakan kerja-kerja terintegrasi, bukan one man show," pesan Taufan Pawe.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare