Minggu, 01 Agustus 2021 21:36

Punya Sensitivitas Tinggi, Laboratorium PCR Makassar Recover RSUD Daya Mampu Deteksi 4 Varian Baru Covid 19

Trio Rimbawan
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Walikota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto saat meninjau persiapan Laboratorium Makassar Recover, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Makassar. Minggu 1/8/2021.
Walikota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto saat meninjau persiapan Laboratorium Makassar Recover, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Makassar. Minggu 1/8/2021.

Untuk operasionalnya, kata Danny, laboratorium biosafety level 2 (BSL) Ini, bakal menerima sampel selama 24 jam, atau jika dihitung bisa memeriksa sampai 1.200 sampel dalam sehari. Nantinya laboratorium ini akan diperuntukan bagi setiap warga yang terdeteksi Covid 19 oleh Tim Detektor tanpa dipungut biaya.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR-Walikota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto melakukan peninjauan persiapan Laboratorium Makassar Recover, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Makassar. Minggu 1/8/2021.

Danny mengatakan laboratorium ini disiapkan pemerintah kota, lengkap untuk mendeteksi sampel Swab PCR, dengan sensitivitas tinggi yang mampu mendeteksi 4 varian baru Covid 19.

" Jadi kalau menggunakan alat PCR biasa, kalau delta tidak dapat dideteksi, dianggap negatif, disini super sensitiv bisa mendeteksi varian baru yang bergeser dari pada virus Corona," kata Danny.

Baca Juga : Otmilti IV Makassar Resmikan Gedung Baru dan Patung Jenderal Sudirman

Untuk operasionalnya, kata Danny, laboratorium biosafety level 2 (BSL) Ini, bakal menerima sampel selama 24 jam, atau jika dihitung bisa memeriksa sampai 1.200 sampel dalam sehari.

"Apalagi Laboratorium BSL Level 2 seperti ini baru ada dua di Indonesia di Pondok Indah Jakarta dan RSUD Makassar. Kita tinggal tinggal menunggu ijin dari provinsi agar statusnya sebagai lab bisa cepat keluar, agar ini bisa membantu," jelasnya

"Sekali lagi, ini murni untuk membantu, bukan untuk gagah-gagahan. Saya sampaikan, jangan sampai ada lagi orang bereaksi berlebihan, ini membantu di-era pandemi seperti ini," tambahnya.

Baca Juga : Danny Pomanto Terima Penghargaan Keenam Dari Baznas RI

Danny kemmbali menjelaskan, nantinya laboratorium ini akan diperuntukan bagi setiap warga yang terdeteksi Covid oleh Tim Detektor, tanpa dipungut biaya sepeserpun.

"Jadi semua orang yang dideteksi oleh detektor kalau ada warga yang sakit, maka tim Covid Hunter datang, semua biaya gratis kalau lewat detektor dan covid hunter, kalau mandiri, itu dia komersil,"

Melalui Posko yang akan dibuatnya pada tingkat RW dan kelurahan Danny meminta warganya untuk melapor jika ada yang sakit.

Baca Juga : PJ Sekda Makassar Harap Forum OPD DP3A Lahirkan Inovasi Pendukung Jagai Anakta

"Jadi semua bisa melapor melalui 122 detector akan datang, Covid Hunter juga datang untuk memeriksa secara gratis," terangnya.

#Lab PCR Makassar Recover #RSUD Daya Makassar #danny pomanto #Cegah Covid 19