Sabtu, 31 Juli 2021 21:28

Hikmah di Balik Covid-19, 92 Siswa Satdik-2 Makassar Kini Bisa Bantu Orang Lain Lewat Plasma Konvalesen

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hikmah di Balik Covid-19, 92 Siswa Satdik-2 Makassar Kini Bisa Bantu Orang Lain Lewat Plasma Konvalesen

Tindakan ini bertujuan sebagai terapi tambahan pasien Covid-19 yang berjuang untuk sembuh di wilayah Makassar dan sekitarnya.

RAKYATKU.COM -- Sungguh tidak ada kejadian yang sia-sia. Banyaknya siswa Satuan Pendidikan (Satdik-2) Makassar yang jadi penyintas Covid-19 kini bisa membantu orang lain.

Hari ini, Sabtu (31/7/2021), Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar melaksanakan donor darah plasma konvalesen. Diikuti 92 orang di gedung Sultan Hasanuddin Lantamal VI.

Kegiatan donor darah plasma konvalesen sukarela tersebut digelar Diskes Lantamal VI dan Satdik-2 Makassar bekerja sama Palang Merah Indonesia (PMI) Kandea Kota Makassar.

Baca Juga : Peduli Kebersihan, Danlantamal VI Pimpin Bersih-Bersih Pantai

Saat meninjau donor darah, Dansatdik-2 Makassar Kolonel Marinir Hendro Suwito selaku ketua penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM dalam rangka pemenuhan ketersediaan plasma konvalesen di PMI.

Persyaratan utama pendonor plasma konvalesen para siswa Satdik-2 terlebih dahulu melaksanakan screening dan Informed Consent seleksi donor melalui Anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan lab darah lengkap, konfirmasi golongan darah dan screening antibodi infeksi menular lewat trasfusi darah (baik HIV, Hepatitis B, Hepatitis C maupun sifilis).

Lebih lanjut Dansatdik-2 Makassar mengatakan bahwa donor plasma konvalesen termasuk metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

Baca Juga : Lantamal VI Makassar Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Tindakan ini bertujuan sebagai terapi tambahan pasien Covid-19 yang berjuang untuk sembuh di wilayah Makassar dan sekitarnya sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Pendonor yang lolos screening akan dibuatkan jadwal untuk melaksanakan donor di PMI Kandea Kota Makassar yang hanya bisa dilaksanakan 15 orang per hari. Setiap orang punya waktu 45 menit dengan menggunakan mesin Apheresis.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Satdik-2 Makassar, ketua PMI kota Makassar, kepala Diskes Lantamal VI, komandan Seba Satdik-2 Makassar, komandan Seta Satdik-2 Makassar, dan seluruh staf dan Bingsis serta tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kandea Kota Makassar.

Baca Juga : Danlantamal VI Reuni di Barru, Bertemu Bupati hingga Peluk Wali Kelasnya

 

#donor plasma konvalesen #Lantamal VI Makassar