Jumat, 30 Juli 2021 21:17

Bukan Sinovac, Arab Saudi Hanya Akui 3 Jenis Vaksin untuk Masuk Tanpa Karantina Mulai 1 Agustus

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Vaksinasi di Arab Saudi. (Foto: Arab News)
Vaksinasi di Arab Saudi. (Foto: Arab News)

Kementerian Pariwisata Arab Saudi mengumumkan bahwa aturan itu berlaku mulai 1 Agustus 2021.

RAKYATKU.COM -- Jemaah umrah sudah bisa masuk Arab Saudi mulai 1 Agustus 2021. Khusus yang sudah jalani vaksinasi lengkap, tidak perlu menjalani karantina.

Sepertinya jemaah umrah asal Indonesia sulit lolos dari kemudahan ini. Maklum, Arab Saudi untuk sementara hanya mengakui tiga jenis vaksin yang boleh masuk tanpa karantina.

Tiga jenis vaksin yang disetujui Kerajaan, yaitu Pfizer, AstraZeneca, atau Moderna. Mereka yang sudah mendapat dua dosis vaksin salah satu dari ketiga jenis vaksin tersebut bisa tanpa karantina.

Baca Juga : Lima Wasit Perempuan Saudi Akan Memimpin Pertandingan Sepak Bola Putra di Piala Arab

Sementara di Indonesia, vaksin produksi Sinovac asal China yang dominan. Pfizer dan AstraZeneca juga ada. Namun, jumlahnya terbatas. Vaksinasi menggunakan kedua vaksin itu tidak semasif Sinovac.

Kementerian Pariwisata Arab Saudi mengumumkan bahwa aturan itu berlaku mulai 1 Agustus, dikutip dari Arab News, Jumat (30/7/2021).

 

Para pendatang dari luar negeri juga diharuskan untuk mendaftarkan data mereka terkait dengan dosis vaksinasi mereka di portal elektronik khusus yang baru. Data mereka juga direkam melalui aplikasi "Tawakkalna", dan harus ditunjukkan untuk memasuki tempat-tempat umum.

Baca Juga : Tertukar saat Lahir dan Hidup di Keluarga Miskin, Wanita Ini Dapat Kompensasi Rp7,6 Miliar

Sedangkan bagi yang ingin mendapatkan visa turis, dapat mengajukan melalui website “Spirit of Saudi”, visitsaudi.com.

Sponsored by MGID

"Kami menyambut wisatawan lagi dan kami sangat senang menerima tamu Kerajaan lagi setelah jeda karena dampak pandemi virus corona," kata Menteri Pariwisata, Ahmed Al-Khatib.

"Kami memfokuskan upaya kami selama waktu henti pada kerja sama yang erat dengan mitra kami di semua sektor untuk memastikan pengunjung ke Kerajaan menikmati menjelajahi objek wisata, tujuan, dan landmark penting, menikmati pengalaman wisata yang unik, dan belajar tentang budaya kerajaan, kemurahan hati dan keramahan yang menjadi ciri masyarakat Saudi," tambahnya.

Baca Juga : Siswa yang Tidak Divaksinasi Dianggap Tidak Hadir

Arab Saudi pertama kali membuka pintunya untuk turis asing pada September 2019. Dalam enam bulan pertama, telah mengeluarkan sekitar 400.000 visa sebelum penangguhan perjalanan dan penutupan pelabuhan dan perbatasan setelah pandemi Covid-19.

 

Sponsored by advertnative
 
#arab saudi