Kamis, 29 Juli 2021 13:32

Bantaeng Kembali Raih Kabupaten Layak Anak Predikat Madya

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bantaeng Kembali Raih Kabupaten Layak Anak Predikat Madya

KLA kategori Madya ini diraih Pemkab Bantaeng dalam dua tahun terakhir, di masa kepemimpinan DR Ilham Azikin sebagai Bupati Bantaeng.

 

BANTAENG -- Kabupaten Bantaeng kembali meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Madya, Kamis, 29 Juli 2021. KLA kategori Madya ini diraih Pemkab Bantaeng dalam dua tahun terakhir, di masa kepemimpinan DR Ilham Azikin sebagai Bupati Bantaeng.

Sebelumnya, sejak 2016, Bantaeng meraih penghargaan KLA kategori pratama. Kategori ini adalah kategori paling dasar di penghargaan KLA ini.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Lantik Puluhan Pejabat Baru

"Kita naik satu tingkat sejak 2019 lalu. Menjadi Madya. Sekarang kembali kita raih KLA kategori Madya," kata kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Perlindungan Perempuan dan Anak (DPMDPPA) Kabupaten Bantaeng, Ahmad Yani.

Dia mengatakan, kategori madya ini adalah level menengah untuk penghargaan KLA. Dia berharap, tahun depan, Bantaeng bisa meraih KLA kategori Nindya atau utama.

"Kita berharap tahun depan bisa lebih baik lagi," jelas dia.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Ilham Azikin: Jaga Kebersamaan

Bantaeng meraih penghargaan KLA ini bersama dengan sejumlah daerah lainnya di Sulsel yang juga meraih KLA kategori Madya. Daerah lainnya di antaranya adalah Luwu Utara, Barru, Bulukumba dan Sidrap.

Penghargaan ini diserahkan secara virtual oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Bintang Puspayoga secara virtual. Dalam kesempatan itu, dia mengatakan, isu melingkupi anak sangat kompleks. Oleh karena itu, komitmen lintas sektoral menjadi hal yang paling esensial demi terpenuhinya hak atas anak.

"Hak harus tetap dipenuhi oleh sebuah sistem yang terintegrasi," jelas dia.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Salurkan Asuransi Rp 209 Juta ke Peternak

Dia mengatakan, meskipun KLA sempat tertunda pada 2020, Kementerian PPA ini kembali digelar 2021. Dia menyebut, penghargaan KLA inni diberikan kepada daerah yang memiliki komitrmen kuat atas pemenuhan hak anak. Penyerahan penghargaan ini dilakukan atas seleksi yang ketat dari Kementerian PPA dan tim independen.

"Kita memberikan penghargaan atas 24 indikator yang kami tetapkan," jelas dia.

Sekedar diketahui, Kabupaten Layak Anak adalah daerah yang mempunyai sistem
pembangunan berbasis hak anak. Sistem pembangunan ini dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran

Khusus untuk Bantaeng, penghargaan kategori Madya diraih sejak 2019 lalu. Pada 2020, penghargaan KLA ini ditiadakan karena pandemi Covid-19. Penghargaan ini kembali digelar pada 2021.(*)

#pemkab bantaeng