Kamis, 29 Juli 2021 20:38

Viral karena Naik Sepeda Ikut Vaksin, Kakek Safaruddin Bertemu Plt Gubernur Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat bertemu dengan Kakek Safaruddin di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (29/7/2021).
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat bertemu dengan Kakek Safaruddin di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (29/7/2021).

"Dari mana-ki?, Sudah miki divaksin? Sudah miki makan?," demikian beberapa pertanyaan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, kepada Kakek Safaruddin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Seorang kakek di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Safaruddin (64) menjadi viral setelah dengan sukarela melakukan vaksin COVID-19. Bahkan, demi mengikuti vaksin, ia rela mengayuh sepeda ke lokasi vaksinasi massal.

Setelah viral, informasi inipun sampai ke Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman" href="https://rakyatku.com/tag/andi-sudirman-sulaiman">Andi Sudirman Sulaiman. Untuk mengapresiasi sikap kakek tersebut, Andi Sudirman menemui sang kakek.

Plt Gubernur Sulsel menyambut hangat Safaruddin yang diundang ke Kantor Gubernur Sulsel. Dia menanyakan kondisinya setelah divaksin dan apa yang memotivasinya untuk bersedia untuk divaksin.

Baca Juga : Sambut Kajati Baru Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Perkenalan Lewat Temu Silaturahmi

"Dari mana-ki?, Sudah miki divaksin? Sudah miki makan?," demikian beberapa pertanyaan dalam dialog yang dilakukan di lobi Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (29/7/2021).

Selanjutnya, Plt Gubernur Sulsel menyampaikan rasa terima kasihnya karena kakek yang memiliki enam anak ini dan berprofesi sebagai tukang cuci motor bersedia untuk divaksin dan memberikan teladan bagi masyarakat lain.

"Kita ini Pak, jadi motivasi orang juga mau divaksin," kata Plt Gubernur Sulsel.

Baca Juga : Sinergi Basarnas dan Pemerintah Sulsel dalam Penanganan Bencana Semakin Kuat

Ia mengapresiasi usaha yang dilakukan dengan rela untuk berusaha keras untuk datang dan antri untuk mendapatkan vaksin. Peristiwa ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi dalam memerangi COVID-19.

Plt Gubernur Sulsel juga menyerahkan langsung bantuan sembako, masker, dan uang tunai.

"Ini sebagai apresiasi kepada Bapak atas inspirasi warga mendapatkan vaksin, kita berikan bantuan semoga dapat meringankan beban keluarga," sebutnya.

Baca Juga : Konsulat Jenderal Filipina Temui Pj Gubernur Bahtiar, Perkuat Hubungan Bilateral

Pada kesempatan ini, Plt Gubernur Sulsel juga mendengarkan keluhan Safaruddin dalam hal bantuan sosial. Keluhan ini ditindaklanjuti dengan mencatat datanya kemudian dimasukkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ke kelurahan kemudian untuk mendapat bantuan dari Kementerian Sosial/Dinas Sosial.

"Nanti akan ada bantuan-ta' dari Dinas Sosial juga," sebut Plt Gubernur Sulsel.

Upaya ini disebutnya juga sebagi tindak lanjut instruksi dari Presiden RI dengan memantau kabupaten/kota untuk akselarasi bantuan sembako kepada warga penerima manfaat serta terdampak pandemi COVID-19.

Baca Juga : Penanaman Pohon Kelapa Genjah dan Dalam di Taman Religi CPI, Komoditas Unggulan Sulsel dari Selayar

Safaruddin menceritakan motivasinya untuk bersedia mengikuti program vaksinasi. Awalnya pada saat sampai di tempat kerja, ia meminta izin ke pimpinan untuk melakukan vaksinasi.

Sudah dua hari informasi tersebut diperolehnya dari rekan kerja bahwa akan ada vaksinasi massal di Nipah Mall, Rabu (28/7/2021). Niatnya untuk ikut vaksinasi mendapat dukungan dari pimpinan tempatnya bekerja.

"Rasanya sehat, Pak, sudah divaksin kemarin. Awalnya juga sempat takut. Jadi saya naik sepeda, sekitar jam 8 saya sampai, kan kalau pagi sekali puskesmas belum buka. Saya divaksin sekitar jam 2 siang. Alhamdulillah dibantu untuk daftarnya," ujarnya.

Baca Juga : Penanaman Pohon Kelapa Genjah dan Dalam di Taman Religi CPI

Sepeda yang digunakan adalah sepeda dari pemilik tempat cuci motor tempatnya bekerja. Sepeda ini digunakan juga sehari-hari dari rumahnya di Jalan Kerung-Kerung menuju ke tempat kerja di daerah Minasa Upa. Sebelumnya, ia memiliki kendaraan motor, tetapi dijual seharaga Rp2 juta karena terdampak pandemi COVID-19.

Pada kesempatan ini, ia terharu dengan respons yang didapatkannya dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan juga masyarakat atas video viralnya. Ia mengajak masyarakat lainnya untuk ikut divaksin.

"Alhamdulillah sudah divaksin. Petugas bilang mau divaksin kedua tanggal 28 (Agustus), anak saya juga suruh (ajak) untuk vaksin," ucapnya.

Baca Juga : Penanaman Pohon Kelapa Genjah dan Dalam di Taman Religi CPI

Sebelumnya, kakek ini viral di jagad maya, setelah video tentang dirinya untuk mendapatkan vaksin diunggah di media sosial.

Video tersebut menampilkan seorang petugas melihat keberadaan bapak tua yang sedang berdiri di tengah antrean. Tampak ia ingin mendekat tetapi ragu. Setelah didekati ia ternyata tidak bisa mendaftar daring karena tidak memiliki ponsel yang mendukung.

Penulis : Syukur
#viral #Vaksinasi Massal #Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman