Selasa, 27 Juli 2021 19:06

Maksimalkan Layanan ke Masyarakat, Dishub Wajo Luncurkan Penerapkan BLU-e

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyaksikan pengujian kendaraan yang dilakukan oleh penguji Dinas Perhubungan Wajo.
Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyaksikan pengujian kendaraan yang dilakukan oleh penguji Dinas Perhubungan Wajo.

BLU-e adalah pengganti bukti lulus uji kir yang dahulu berbentuk buku. BLU-e terdiri atas 2 sertifikat tanda lulus uji, 2 stiker hologram dengan QR Code yang ditempel pada kaca depan kendaraan, dan satu smart card dengan teknologi NFC.

RAKYATKU.COM, WAJO - Pemerintah Kabupaten pemkab wajo" href="https://rakyatku.com/tag/pemkab-wajo">(Pemkab) Wajo di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati, Amran Mahmud-Amran, S.E., terus berbenah dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Teranyar, Pemkab Wajo melalui Dinas Perhubungan (Dishub) kini mulai menerapkan Bukti Lulus Uji secara Elektronik (BLU-e). Ini ditandai peluncuran oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud, di Kantor Dishub Wajo, Selasa (27/7/2021).

Sebelum peluncuran, Amran Mahmud terlebih dahulu menyaksikan pengujian kendaraan yang dilakukan oleh penguji Dishub. Setelah dinyatakan lulus uji, orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng menyerahkan sertifikat dan smart card lolos uji elektronik kepada pemilik mobil.

Baca Juga : DBR Kembalikan Formulir Pendaftaran Bakal Calon Bupati Wajo ke PKB

Asal tahu saja, BLU-e adalah pengganti bukti lulus uji kir yang dahulu berbentuk buku. BLU-e terdiri atas 2 sertifikat tanda lulus uji, 2 stiker hologram dengan QR Code yang ditempel pada kaca depan kendaraan, dan satu smart card dengan teknologi NFC.

Amran Mahmud mengatakan, langkah maju yang dilakukan Dishub Wajo makin memudahkan mengontrol kondisi kendaraan dan kesesuaian kapasitas muatannya. Sistem elektronik ini akan menjadikan pelayanan kepada masyarakat lebih efisien dan efektif.

"Inovasi BLU-e ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Wajo untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, kemudahan pengurusan izin kir yang nantinya diharapkan akan memudahkan pengguna kendaraan dalam mengurus perizinan kendaraan dan kelaikan kendaraan," beber Amran Mahmud.

Baca Juga : Pejabat Bupati Wajo Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di Surabaya

Harapannya, dengan penerapan BLU-e, kata dia, kualitas pelayanan terhadap pengujian kendaraan bermotor akan meningkat dan dapat meminimalkan praktik percaloaan. Selain itu, mencegah pemalsuan data kendaraan, serta diharapkan dapat mengoptimalkan penerimaan pendapatan asli daerah (PAD).

Sementara itu, Kepala Dishub Wajo, A. Hasanuddin, berharap dengan berlakukanya bukti lulus uji elektronik ini, pelayanan kepada masyarakat akan keamanan bertransportasi bisa lebih meningkat.

"Kami harap dengan berlakunya BLU-e, pelayanan kami bisa lebih maksimal dan masyarakat bisa lebih nyaman dan aman. Mudah-mudahan hal ini bisa menghindarkan masyarakat dari percaloan," ujarnya.

Baca Juga : Kabupaten Wajo Komitmen Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis P2HAM

Turut hadir pada peluncuran BLU-e di Wajo, yakni Ketua DPRD bersama Ketua Komisi III DPRD Wajo, Kasat Lantas Polres Wajo, Kepala Jembatan Timbang BTPD XIX Sulselbar, Kepala Cabang BRI Sengkang, dan perwakilan Organda.

Untuk diketahui, BRI Cabang Sengkang menghibahkan 1 unit motor pengangkut sampah untuk Pemerintah Kabupaten Wajo, dalam hal ini Dishub Wajo.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Dinas Perhubungan Wajo