Selasa, 27 Juli 2021 17:17

Gowa Punya 54 Kampung KB, Jadi Percontohan Bangga Kencana

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

"Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu adalah kampung KB. Kampung KB di Kabupaten Gowa sudah 54 kampung KB, itulah yang menjadi percontohan Bangga Kencana," kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

RAKYATKU.COM, GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mendukung Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) yang dicanangkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Hal ini disampaikan Adnan saat megahadiri Bridging Leadership Bangga Kencana yang dilaksanakan BKKBN bekerja sama Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri secara virtual di Peace Room A'Kio Kantor Bupati Gowa, Selasa (27/7/2021).

Adnan mengungkapkan, sejauh ini sudah ada beberapa program Bangga Kencana yang sudah dilakukan oleh Pemkab Gowa. Salah satunya adalah pendirian kampung-kampung Keluarga Berencana (KB) di wilayah Gowa.

Baca Juga : 2023, Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh Positif

"Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu adalah kampung KB. Kampung KB di Kabupaten Gowa sudah 54 kampung KB, itulah yang menjadi percontohan Bangga Kencana," kata Adnan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Gowa, Sofyan Daud, menjelaskan ke depan Pemkab Gowa akan terus melakukan penambahan Kampung KB.

"Jadi kita mau dorong jadi 60 supaya sesuai dengan di Renstra kita. Jadi sisa enam yang mau kita kembangkan lagi sehingga kita cukup 60. Itu adalah bagian miniatur dari pelaksanaan Bangga Kencana yang ada di Kabupaten. Kalau kita mau lihat keberhasilan bangga kencana kita bisa lihat di Kampung-kampung KB," ujarnya.

Baca Juga : Wabup Gowa Buka Musrenbang RKPD: Rencana Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

Sofyan juga menyebut progarm lain yang sudah berjalan di Gowa dalam rangka mendukung program Bangga Kencana adalah pengendalian laju pertumbuhan jumlah penduduk.

Pelaksanaan Program Bangga Kencana khususnya berkaitan dengan laju pertumbuhan jumlah penduduk sudah berjalan bahkan sudah terkendali, kita sudah dibawa 2 persen bahkan sudah sangat menggembirakan.

Ia menyebut, ini terlihat dari rata-rata jumlah jiwa dalam keluarga itu sudah 4 orang. Hal ini disebabkan karena tingkat partisipasi masyarakat dalam program KB sudah cukup tinggi atau sekitar 65 persen.

Baca Juga : Masyarakat Biringbulu Sambut Bahagia Pos Pelayanan Publik

"Kita sudah berada dalam ukuran 65 persen, yang ber KB di Kabupaten Gowa. Artinya bahwa dari 100 pasangan usia subur itu sudah ada 65 yang berKB. Itulah kenapa laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Gowa ini bisa kita kendalikan dengan baik," ungkapnya.

Olehnya itu, Sofyan berharap ini bisa dipertahankan dan tentunya membutuhkan dukungan dari perangkat daerah terkait lainnya di lingkup Pemkab Gowa.

"Alhamdulillah dukungan dari pimpinan dalam hal ini Bapak Bupati dan Wakil Bupati Gowa selama ini cukup besar terhadap Bangga Kencana di Kampung-Kampung KB. Tentunya dukungan dari SKPD lainnya juga kita harapkan, karena kita tidak bisa jalan sendiri khususnya dalam hal penanganan stunting," harapnya.

Penulis : Syukur
#Pemkab Gowa #adnan purichta ichsan