Minggu, 25 Juli 2021 18:01

IDI Riau Daulat Taufan Pawe Jadi Pembicara Webinar, Ternyata Ini Pertimbangannya

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Taufan Pawe
Taufan Pawe

Taufan Pawe satu-satunya kepala daerah yang diundang sebagai pembicara dalam webinar yang akan melibatkan 200 ribu dokter Indonesia, baik dokter umum maupun spesialis.

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Nama Wali Kota Parepare, Taufan Pawe kian dikenal. Tak hanya di Provinsi Sulawesi Selatan, namun juga di Indonesia. Keberhasilan dan prestasi putra daerah Parepare dalam memimpin kota kelahirannya ini menjadi barometer.

Kali ini, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Riau mengundang Taufan Pawe sebagai pembicara dalam webinar Forkom IDI Cabang Wilayah/Perhimpunan se-Indonesia dengan tema "Gerakan Dokter Semesta Melawan Covid-19, Antara Wacana dan Realita".

Taufan Pawe sendiri didaulat membawakan materi berjudul "Peran Pemda dalam Manajemen Tenaga Medis dan Nakes dan Kesejahteraan dalam Melawan Covid-19".

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Taufan Pawe merupakan satu-satunya kepala daerah di Indonesia yang diundang sebagai pembicara dalam web seminar (webinar) yang akan melibatkan 200 ribu dokter Indonesia, baik dokter umum maupun spesialis.

Adapun para pembicara dalam webinar yang akan digelar hari ini, Minggu (25/7/2021) pukul 18.35 WIB melalui aplikasi zoom meeting, yakni Prof Dr dr David S Perdanakusuma (Ketua MKKI). Selanjutnya, Dr Pukovisa Prawiroharjo (Ketua MKEK), Dr HM Taufan Pawe (Wali kota Parepare-Sulawesi Selatan), dan Dr Kirana Pritasari (Plt Kepala Badan PPSDM Kemenkes RI).

Plt Kepala Dinas Kominfo Parepare, Amarun Agung Hamka membenarkan informasi itu. Surat bernomor 341/IDI-WIL/A.3/7/2021 telah dilayangkan Ketua IDI Wilayah Riau, dr Zul Asdi per tanggal 23 Juli.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

"Benar, Wali Kota Parepare, Bapak Taufan Pawe diundang tampil sebagai pembicara. Beliau merupakan satu-satunya dari unsur kepala daerah di Indonesia sebagai narasumber yang akan mengulas tentang peran pemda dalam manajemen tenaga medis dan nakes dan kesejahteraan dalam melawan Covid-19," ujar Amarun Agung Hamka.

Bukan tanpa alasan, kata Hamka, kebijakan Taufan Pawe dalam memperjuangkan hak, berupa insentif nakes menjadikan Taufan Pawe diamanahkan sebagai pembicara dalam webinar IDI se-Indonesia itu.

Sebagai kepala daerah, Taufan Pawe telah melakukan kebijakan intervensi pembayaran tunggakan nakes yang terhenti sejak September 2020 yang awalnya menjadi kewajiban Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

"Namun setelah berkoordinasi dengan BPK dan Inspektorat, Bapak wali kota kemudian mengeluarkan kebijakan untuk mengcover insentif nakes menggunakan APBD Kota Parepare," kata Hamka, sapaan karib mantan Kabag Humas dan Protokoler Setdako Parepare ini.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #HM Taufan Pawe