Sabtu, 24 Juli 2021 11:12

Ini Daftar Negara dengan Nol Kasus COVID-19, Indonesia Kapan?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

WHO mencatat beberapa negara yang berhasil mencegah pandemi COVID-19 sejak dimulai pada awal 2020 dan melaporkan nol kasus pada 21 Juli 2021.

RAKYATKU.COM - Sementara penyebaran COVID-19 di Indonesia tengah menggila, beberapa negara di belahan dunia lain justru nol kasus. Berikut daftarnya.

Brunei Darussalam tampaknya menjadi negara dengan kasus paling minim di kawasan Asia Tenggara. Infeksi lokal nyaris tak ada. Transmisi lokal terakhir ditemukan 6 Mei 2020. Kalaupun ada kasus baru, itu merupakan kasus impor.

Brunei mencatatkan rekor terbaik di dunia dalam penanganan pandemi. Selama 430 hari, tak ada kasus infeksi COVID-19 lokal yang terjadi.

Baca Juga : Perjuangan para Pahlawan Pandemi, Tingkat Kesembuhan COVID-19 Indonesia Kini di Atas 90 Persen

Hingga kini ada dari 282 total kasus, sekitar 256 orang sudah sembuh dari infeksi COVID-19. Tercatat hanya tiga orang meninggal dunia akibat wabah ini.

Brunei tidak sendirian, WHO mencatat beberapa negara yang berhasil mencegah pandemi COVID-19 sejak dimulai pada awal 2020 dan melaporkan nol kasus pada 21 Juli 2021.

 

Sebanyak 12 dari 14 negara dan wilayah yang tidak melaporkan kasus sejak awal pandemi merupakan pulau-pulau di Samudra Pasifik dan Atlantik.

Baca Juga : Kasus Menurun, Menkes Budi Sebut Ujian Pandemi COVID-19 Januari 2022

Greenland
Jumlah kumulatif kasus COVID-19 sebanyak 84 (dengan tidak ada kasus baru sejauh ini).

Sponsored by MGID

Pulau terbesar di dunia, Greenland, merupakan wilayah otonom milik Kerajaan Denmark. Pulau ini terletak di antara Samudra Arktik dan Atlantik dan berada di sebelah timur kepulauan Kanada.

Sejak 5 Juni 2021, aturan baru diberlakukan di Greenland. Hanya orang yang divaksinasi penuh dapat berkunjung ke sana melalui Denmark.

Baca Juga : Sulsel Berhasil Keluar, Tersisa 5 Zona Merah COVID-19 di Indonesia

Kepulauan Solomon
Kepulauan Solomon adalah sebuah negara di Oseania yang terdiri atas enam pulau besar dan ratusan pulau kecil, sebelah timur Papua Nugini dan barat laut Vanuatu. Negara ini hanya melaporkan 20 kasus sejak pandemic mewabah 2020 lalu.

Sint Eustatius
Pulau Sint Eustatius di Karibia adalah daerah khusus yang menjadi bagian Kerajaan Belanda. CDC AS mencatat tingkat COVID-19 rendah di pulau itu.

Dari awal COVID-19 hingga kini, negara itu hanya mencatat 20 kasus akumulatif. Data Worldometers, Jumat (23/7/2021) juga mencatat tak ada kasus COVID-19 baru di negeri itu.

Baca Juga : PPKM Level 4 Berakhir Hari Ini: Ada Hasil Baik, Juga Kurang Baik

Saba
Saba merupakan daerah khusus di Kepulauan Karibia yang menjadi bagian Kerajaan Belanda. CDC menyatakan tingkat COVID-19 di sana rendah, di mana secara kumulatif hanya ada tujuh kasus.

Pulau Marshall
Kepulauan Marshall terletak di Samudra Pasifik. Meskipun merdeka pada tahun 1979, AS masih memberikan dukungan pertahanan terhadap pulau-pulau tersebut.

WHO mencatat hanya empat kasus COVID-19. Itu pun terkahir dikonfirmasi pada 14 Juni 2021.

Baca Juga : Sejak Pandemi, Ini Satu-satunya Daerah di Indonesia yang Tidak Terdampak COVID-19

Vanuatu
Negara kepulauan kepulauan Vanuatu terletak di Samudra Pasifik Selatan. WHO mencatat hanya ada 4 kasus COVID-19, dengan 1 meninggal yang dikonfirmasi, secara kumulatif sejak COVID-19 mewabah.

Samoa
Samoa terdiri atas beberapa pulau di Pasifik Selatan. Negeri itu secara kumulatif hanya mencatat tiga kasus COVID-19.

Sponsored by advertnative
 
#Covid-19 Indonesia