Sabtu, 24 Juli 2021 09:43

Adaptasi Suhu Papua, Tim Hockey PON Sulsel Rencana Pemusatan Latihan di Jatim

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelatih Hockey PON Sulsel, Abdul Azikin, memberikan latihan fisik kepada anak asuhnya di KONI Sulsel. (Foto Usman Pala/ Rakyatku.com)
Pelatih Hockey PON Sulsel, Abdul Azikin, memberikan latihan fisik kepada anak asuhnya di KONI Sulsel. (Foto Usman Pala/ Rakyatku.com)

Rencananya, tim hockey akan melaksanakan pemusatan latihan di Jawa Timur (Jatim), tetapi masih menunggu keputusan dari KONI Sulsel. Langkah ini sebagai salah satu cara adaptasi dengan kondisi cuaca di Papua.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Persiapan tim cabang olahraga (cabor) hockey Sulawesi Selatan terus dimatangkan menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Oktober mendatang.

Pelatih tim hockey PON Sulsel, Abdul Azikin, mengatakan persiapan yang dilakukan sudah maksimal sampai saat ini.

"Persiapan alhamdulillah sudah lumayan, tapi belum bisa juga dikatakan 100 persen, ya," kata Azikin saat ditemui di Kantor KONI Sulsel, Sabtu (24/7/2021).

Baca Juga : Jaga Keandalan Listrik, PLN UIW Sulselrabar Kirim 20 Personel Dukung PON Papua

Kata Azikin, persiapan yang dilakukan tim hockey sudah jauh-jauh hari. Sudah berjalan dua tahun semenjak dari Pra PON lalu.

"Jangka waktu dua bulan akan kita maksimalkan untuk persiapan menuju ke PON," ujar Azikin.

 

Rencananya, tim hockey akan melaksanakan pemusatan latihan di Jawa Timur (Jatim), tetapi masih menunggu keputusan dari KONI Sulsel. Langkah ini sebagai salah satu cara adaptasi dengan suhu panas di Papua.

Baca Juga : PLN Gelontorkan Rp313 Miliar untuk Dukung Penyelenggaraan PON XX Papua

"Itu rencana kita selama dua minggu dan saya rencana mengambil lokasi itu di Jawa Timur. Kan, di daerah Jawa Timur itu panas jadi kita patokan ke Papua," ucapnya.

Sponsored by MGID

Di Jatim, nantinya tim hockey Sulsel akan uji tanding menghadapi tim-tim Jatim termasuk tim hockey perguruan tinggi yang memiliki klub hockey.

"Jadi kita lawan tim-tim Jawa Timur termasuk perguruan tingginya karena di sana itu banyak klub dengan perguruan tinggi yang punya hockey," ujar Azikin.

Baca Juga : Kontingen PON Sulsel Jalani Vaksinasi di GOR Sudiang, Sekprov Yakin Bisa Berprestasi di PON Papua

Selama latihan, tim hockey PON Sulsel terkendala dengan kondisi lapangan. Para pemain kesulitan mengontrol bola karena kondisi lapangan tidak rata.

"Iya, jadi sebenarnya kalau mau dibilang kendala utamanya kita itu lapangan," ucapnya.

Itu karena, menurut Azikin, bermain di lapangan karpet berbeda dengan rumput.

Baca Juga : Tim Hockey Sulsel Sebut Kaltim dan Jabar Lawan Berat di PON XX Papua

"Bermain di lapangan rumput itu kadang terbang bolanya sulit dikontrol, tapi kalau lapangan karpet enak tidak ada bola yang mau terbang hanya dari teknik untuk kita terbangkan bola," jelas Azikin.

Namun, bagi Azikin kendala lapangan bukan halangan timnya untuk berprestasi. Dia berharap ke depannya ada lapangan hockey yang layak untuk digunakan.

"Tapi, seandainya ada juga lapangan karpet lebih bagus lagi, mungkin kita lebih bisa bersaing lebih jauh mendapatkan prestasi," ucap Azikin.

Baca Juga : Kemenpora Permantap Koordinasi Persiapan Jelang PON XX Papua

Meski memiliki keterbatasan, tim hockey PON Sulsel tetap optimistis meraih medali pada PON XX Papua.

"Saya tidak menjanjikan, tapi dengan rida Allah, insyaallah ada medali yang bisa di bawa pulang," tuturnya.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Usman Pala
#Tim PON Hockey Sulsel #PON XX Papua