Jumat, 16 Juli 2021 20:21

Gadis Paman Parepare Pastikan Keamanan dan Stok Pangan Jelang Lebaran

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gadis Paman Parepare Pastikan Keamanan dan Stok Pangan Jelang Lebaran

Kualitas bahan pangan di Parepare terjamin sehat dan layak konsumsi.

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare memastikan stok dan kualitas atau mutu bahan pangan aman jelang hari raya Iduladha 1442 hijriah.

Kepastian itu setelah Tim Gabungan Dinas Pangan Aman (Gadis Paman) Kota Parepare melakukan pemantauan dan pengawasan pangan di sejumlah pasar di Kota Parepare.

Tim gabungan yang terdiri atas Dinas Ketahanan Pangan, Dinas PKP, dan Perdagangan Kota Parepare melakukan pemantauan di Pasar Lakessi, Jumat (16/7/2021).

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare, Muhammad Nur, pihaknya bersama tim lainnya turun memastikan keamanan pangan mulai dari sayur-sayuran, daging, ikan, dan buah-buahan.

"Kita turun untuk menjamin kesehatan masyarakat. Jangan sampai ada bahan pestisida ataupun bahan-bahan berbahaya lainnya. Kami mengambil sampel sayur-sayuran, wortel, sawi, kol dan sayur lainnya untuk diuji kandungannya atau dilakukan tes, untuk mengantisipasi bahan berbahaya. Kita juga memantau suplayer sayur-sayuran dari daerah mana," ujar Muhammad Nur.

Dari hasil pantauannya, kualitas bahan pangan di Parepare terjamin sehat dan layak konsumsi.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Sementara, Kepala Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (PKP) Kota Parepare, Wildana membenarkan adanya pengawasan dan pemantauan Pangan di Sejumlah Pasar. Namun pertama kali dilakukan di Pasar Lakessi, dengan memantau kebutuhan pokok seperti daging, telur, dan ayam.

"Kami harus memastikan bahwa stok untuk kebutuhan masyarakat dalam rangka hari raya Iduladha itu masih aman. Alhamdulillah setelah kita pantau tadi, hasilnya sejauh ini stok daging, telur, dan ayam masih tersedia dan cukup untuk menghadapi Iduladha," ungkap Wildana.

Untuk penggunaan bahan-bahan berbahaya seperti formalin, juga tidak ditemukan dalam pantauan itu. Sehingga Tim Gabungan Pangan Aman menjamin bahwa secara kualitas dan kuantitas daging, ayam serta sayur-sayuran aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare